29 March 2024 - 16:27 16:27

Ini Bahayanya Istirahat di Dalam Mobil saat Mudik

WartaPenaNews, Jakarta - Banyak kasus berujung kematian saat beristirahat dalam mobil dengan keadaan mesin mobil menyala dan kaca tertutup rapat. Maka pemudik yang hendak beristirahat dalam mobil perlu memperhatikan hal tersebut.

Seperti yang dijelaskan Head Product Improvement/ EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi, banyak kejadian saat berhenti lalu tidur di dalam mobil terus ‘lewat’. Mesin mobil memiliki kandungan gas buang yang cukup banyak, ada HC (Hidrokarbon), CO (Karbon Monoksida), CO2 (Karbon Dioksida), dan lain-lain.

“Nah terutama gas CO itu berbahaya dan beracun, dia ngikat oksigen. Kalau mobil berhenti dalam keadaan mesin menyala, maka gas ini bisa masuk ke dalam kabin,” ujarnya di Jakarta, belum lama ini.

Ia melanjutkan, kenapa bisa masuk, karena antar bodi ada sambungan-sambungan. Antar sambungan ini tidak anti bocor, jadi di antara celah bodi ini gas CO bisa masuk, sehingga gas itu akan naik dan masuk ke dalam kabin.

Sedangkan saat mobil berhenti, orang yang sedang beristirahat cenderung menutup jendela rapat-rapat dan menyalakan AC supaya dingin. “Jadi itu kuncinya, sepanjang jendela tidak ditutup full, gas buang berbahaya yang masuk bisa keluar. Tapi kalau jendela ditutup full, gas itu bisa terhirup orang yang di dalam,” tuturnya.

Ia menambahkan, berbeda pada saat keadaan mobil jalan, gas tidak akan masuk ke dalam kabin karena angin dari depan ke belakang, bukan berputar di sekeliling mobil seperti pada saat berhenti yang memungkinkan gas masuk dalam kabin. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03