20 April 2024 - 17:37 17:37

Ini Dia Lima Makanan Penurun Hipertensi

WartaPenaNews, Jakarta - Salah satu masalah kesehatan yang diderita oleh cukup banyak orang di Indonesia adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain karena dipengaruhi oleh faktor keturunan, pakar kesehatan menyebut hipertensi juga sering terjadi akibat faktor gaya hidup yang tidak sehat. Demi menurunkan tekanan darah tinggi, mau tidak mau kita pun harus mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Salah satu hal yang bisa kita terapkan demi menurunkan tekanan darah adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Berdasarkan sebuah penelitian berjudul American Heart Association Joint Hypertension 2018 Scientific Sessions, dihasilkan fakta bahwa menerapkan pola makan yang tepat bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan efektif.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa memberikan manfaat kesehatan ini.

Buah delima

Salah satu buah yang bisa dengan mudah ditemukan di pasaran ini ternyata bisa membantu menurunkan hipertensi dengan efektif. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Selain itu, di dalam buah delima juga tinggi berbagai nutrisi menyehatkan lainnya.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal Clinical Nutrition, dihasilkan fakta bahwa rutin mengonsumsi jus delima mampu membuat tekanan darah menurun hingga 21 persen. Sementara itu, penelitian lainnya yang diunggah dalam jurnal berjudul Phytotherapy Research yang melibatkan 21 pengidap hipertensi juga menghasilkan fakta bahwa konsumsi jus delima setiap hari selama 2 minggu bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan efektif.

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam buah delima juga bisa melawan paparan buruk radikal bebas. Hal ini tentu akan berpengaruh besar pada semakin membaiknya kondisi kesehatan pembuluh darah sekaligus menurunkan penumpukan plak yang bisa menghambat sirkulasi darah.

Berbagai jenis sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam sering kita jadikan lauk karena memiliki rasa yang enak sekaligus tinggi kandungan nutrisi menyehatkan. Sebagai contoh, kita bisa mendapatkan asupan serat yang baik bagi kesehatan pencernaan sekaligus menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Selain itu, di dalam sayuran hijau juga tinggi kandungan senyawa nitrat anorganik. Kandungan ini bisa membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks. Hal ini tentu akan berimbas pada menurunnya tekanan darah.

Gandum utuh

Gandum utuh yang sering dijadikan sarapan oleh mereka yang sedang menjalankan program diet ini ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol dengan efektif. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal American Journal of Clinical Nutrition pada 2010 silam.

Dalam penelitian ini, dibuktikan bahwa rutin mengonsumsi gandum utuh setiap hari bisa membantu menurunkan tekanan darah hingga 73 persen. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan serat di dalamnya yang bisa membantu menurunkan penumpukan plak pada pembuluh darah.

Selain itu, gandum utuh juga bisa membantu menurunkan berat badan. Padahal, penurunan berat badan juga secara langsung bisa memberikan dampak positif bagi kondisi tekanan darah.

Susu

Banyak orang yang tidak tahu jika susu dan berbagai produk turunannya bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hanya saja, susu yang dimaksud adalah susu yang rendah lemak atau yang bebas lemak. Produk turunan susu seperti yoghurt juga bisa memberikan manfaat yang sama.

Minyak ikan

Minyak ikan atau daging ikan laut tinggi kandungan asam lemak omega 3 yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan ini juga bisa menyehatkan jantung serta pembuluh darah. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03