25 April 2024 - 23:52 23:52

Ini Gejala yang Muncul Bila Berlebihan Asupan Kafein

WartaPenaNews, Jakarta - Pakar kesehatan menyebut ada beberapa gejala kesehatan yang bisa muncul jika kita mengonsumsi kafein dengan berlebihan.

Berikut adalah dampak-dampak kesehatan tersebut.

Menyebabkan sakit kepala

Gejala pertama yang akan kita rasakan jika sampai kelebihan asupan kafein adalah mengalami sakit kepala. Pakar kesehatan menyebut gejala ini bisa muncul jika kita sudah minum kopi lebih dari tiga cangkir dalam sehari.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan kafein yang bisa menyempitkan pembuluh darah sehingga membuat tekanan darah naik. Jika hal ini terjadi di pembuluh darah yang menuju kepala, maka dampaknya akan memicu sakit kepala.

Hanya saja, jika kita terbiasa mengonsumsi kopi dan tiba-tiba saja berhenti meminumnya, efeknya juga bisa menyebabkan sakit kepala.

Bisa membuat denyut jantung menjadi tidak teratur

Kafein ternyata bisa memberikan stimulus pada sistem saraf pusat dan mempengaruhi tekanan darah pada tubuh. Jika asupan kafein berlebihan, maka hal ini akan meningkatkan tekanan darah sekaligus membuat denyut jantung meningkat dengan tidak teratur.

Denyut jantung yang tidak teratur ini dipicu oleh peningkatan tekanan darah yang akhirnya membuat jantung berusaha dengan lebih keras mengalirkan darah ke berbagai penjuru tubuh. Masalahnya adalah jika hal ini tidak ditangani dengan baik, dikhawatirkan bisa memicu dampak yang lebih serius layaknya stroke atau penyakit jantung.

Bisa membuat tubuh merasa haus

Kafein memiliki sifat diuretik atau bisa menguras cairan tubuh. Hal ini bisa membuat kita lebih sering buang air kecil. Masalahnya adalah, hal ini juga bisa membuat kita mengalami dehidrasi yang akhirnya membuat kita lebih mudah haus dari biasanya.

Peningkatan asam lambung

Konsumsi kafein dengan berlebihan bisa meningkatkan risiko kenaikan asam lambung. Gejala dari masalah kesehatan ini adalah sensasi mual, asam di mulut, panas, dan ingin muntah. Bahkan, jika kita mengonsumsinya dengan sembarangan, bisa jadi akan menyebabkan kenaikan risiko terkena diare.

Bisa membuat tubuh gelisah

Kafein juga bisa menyebabkan kegelisahan jika dikonsumsi dengan berlebihan. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam membuat otak menjadi lebih waspada. Masalahnya adalah hal ini juga bisa memicu sensasi tidak nyaman. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03