19 April 2024 - 20:02 20:02

Ini Sederet Manfaat Berbuka Puasa dengan Es Kelapa

WartaPenaNews, Jakarta  – Berbuka puasa memang paling enak minum air kelapa sangat pas jadi minuman pelepas dahaga yang nikmat diminum siang-siang. Apalagi jika ditambah dengan es, tentu akan membuat tubuh seolah melek kembali untuk beraktivitas.

Ada dua jenis kelapa yang bisa dengan mudah Anda temui di pasaran, yakni kelapa muda dan kelapa tua. Jika diamati dari bentuknya, kedua jenis kelapa ini tentu memiliki tampilan yang sangat berbeda. Kelapa tua hadir dengan ukuran yang tidak terlalu besar, dan diselimuti oleh kulit atau batok kelapa keras berwarna cokelat.

Berbeda dengan air kelapa tua yang biasanya dibuang dan daging buahnya dijadikan santan, air kelapa muda berasal dari buah kelapa yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih. Air kelapa inilah yang sering diminum untuk sekadar melepas dahaga, atau mengobati beragam kondisi tertentu berkat manfaatnya bagi kesehatan.

Buah kelapa umumnya membutuhkan waktu sekitar 10-12 bulan sampai akhirnya matang dengan sempurna, namun air kelapa muda biasanya dipilih dari buah kelapa yang masih berumur 6-7 bulan. Itulah mengapa minuman ini disebut dengan kelapa muda.

Selain menghasilkan air untuk diminum, buah kelapa juga memiliki daging berwarna putih yang biasanya dimakan bersamaan saat Anda meminum airnya. Di balik rasanya yang enak dan menyegarkan, air kelapa muda ternyata menyimpan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Melansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia milik Kementerian Kesehatan RI, dalam 100 gram (gr) air kelapa dapat menyumbang 17 kalori energi, 0,2 gr protein, 0,1 gr lemak, dan 3,8 gr karbohidrat. Di samping itu, air kelapa juga menyumbang beberapa vitamin dan mineral untuk tubuh.

Mulai dari vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng. Melihat begitu banyaknya nutrisi yang ada dalam segelas air kelapa, menjadikan minuman ini cocok diminum oleh Anda yang tidak terlalu menyukai rasa manis. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03