20 April 2024 - 10:20 10:20

Ini Waktu yang Tepat Ajarkan Anak untuk Berpuasa

WartaPenaNews, Jakarta - Bulan puasa sudah di depan mata. Terkadang, sebagai orang  tua Anda kebingungan untuk memastikan kapan waktu yang tepat untuk mulai mengajarkan anak berpuasa. Jangan sampai salah langkah. Bisa-bisa, anak kapok untuk berpuasa lagi di keesokan harinya.

Sebagai orang tua yang menjalankan ibadah puasa, pastinya Anda menginginkan sang buah hati juga mengenal ibadah puasa sejak dini. Namun, Anda juga harus memperhatikan kesiapan fisik dan mental anak.

Orang tua sebaiknya tidak memaksakan kehendak ketika memang kondisi fisik dan mental anak belum siap untuk menjalankan puasa. Sebab, hal ini dapat memengaruhi pertumbuhan anak.

Di Indonesia, mengajarkan anak untuk berpuasa sejak dini merupakan hal yang lumrah. Biasanya, orang tua mulai mengenalkan puasa pada anak dengan cara menjalankan puasa setengah hari. Bila anak sudah terbiasa berpuasa setengah hari, orang tua akan lanjut mengajarkannya berpuasa satu hari penuh.

Anda pun boleh mencoba menerapkan teknik tersebut. Tapi ingat, pastikan anak sudah siap untuk menjalankannya.

Sebenarnya, anak berusia 5 tahun atau lebih sudah layak untuk diperkenalkan pada ibadah puasa. Namun, pada tahap awal pengenalan puasa, yakni saat anak berusia antara 5-7 tahun, sebaiknya mulailah mengajarkan anak untuk berpuasa selama 3-4 jam dalam sehari terlebih dahulu atau dengan menunda waktu sarapan anak.

Pada tahap berikutnya, saat anak berusia 7-10 tahun, Anda bisa mulai mengajarkan anak untuk puasa setengah hari. Perhatikan adanya tanda dehidrasi seperti lemas, pucat atau selalu mengantuk.

Bila tanda-tanda tersebut di atas tidak ada, maka setelah anak berusia 10 tahun, Anda bisa menganggap anak sudah siap berpuasa sehari penuh. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03