26 April 2024 - 13:01 13:01

Jarum Suntik Bekas Picu Wabah HIV Anak di Pakistan

WartaPenaNews, Jakarta – Ratusan anak di Pakistan terjangkit wabah human immunodeficiency virus atau HIV usai pemakaian jarum suntik bekas. Tenaga kesehatan di negara tersebut menegaskan, perlunya perbaikan sistem kesehatan agar tidak terjadi lagi hal yang sama di kemudian hari.

Muzaffar Ghanghro, Dokter anak yang menggunakan jarum suntik bekas sehingga menginfeksi dan mengakibatkan wabah HIV pada ratusan anak di Pakistan itu, kini praktik di rumah sakit pemerintah usai klinik pribadinya ditutup sementara. Sebanyak lebih dari 1100 orang dengan 900 di antaranya adalah usia anak harus terjangkit virus HIV tersebut.

Muzaffar mempertanyakan integritas dari sistem kesehatan di Pakistan usai wabah HIV kian meluas. Hal tersebut dilakukan Muzaffar karena menjadi sosok yang disalahkan dalam kasus wabah HIV ini di kota kecil Ratodero, Pakistan.

Tenaga kesehatan lain menyatakan pada pemerintah agar kembali mengkaji prioritas sistem kesehatan khususnya kontrol infeksi. Di mana sangat minim training bagi dokter dalam melakukan kontrol infeksi tersebut.

“Wabah HIV ini menunjukkan bahwa sistem kesehatan di Pakistan sangat buruk. Hal ini perlu diperbaiki khususnya bagian kontrol infeksi,” ujar dokter anak dr. Fatima Mir, dikutip dari laman The New York Times, Kamis 31 Oktober 2019.

Fatima yang menjadi salah satu relawan dalam menangani wabah itu mengatakan sulitnya mendapatkan air bersih di Pakistan. Ia juga menyayangkan bahwa wabah ini menyerang anak-anak.

Sejak tahun 2010 hingga 2018 di Pakistan, prevalensi HIV positif meningkat dua kali lipat sebanyak 160 ribu orang. Di tahun yang sama, jumlah infeksi baru meningkat tajam menjadi 38 persen dari 15 persen. Dan hanya 10 persen dari persentase tersebut, di mana orang yang terjangkit HIV diberi perawatan secara tepat.

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 09:12
Ratusan Ribu NIK KTP Warga yang Tak Tinggal Lagi di Jakarta akan Dinonaktifkan

WARTAPENANEWS.COM –  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta sudah memulai tahapan penonaktifan nomor induk kependudukan (NIK) warga ber-KTP Jakarta yang tinggal dan menetap di daerah luar Jakarta. Kepala

01
|
26 April 2024 - 08:34
Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23 2024

WARTAPENANEWS.COM – Azizah Salsha menyaksikan langsung pertandingan timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha. Dalam pertandingan tersebut, Indonesia menang usai adu pinalti 11-10, setelah

02
|
26 April 2024 - 08:08
Stok Beras Nasional Dipastikan Aman

WARTAPENANEWS.COM – Perum Bulog memastikan pasokan beras masih aman. Secara nasional, stok pangan dasar ini mencapai 1,45 juta ton. Jumlah cadangan beras pemerintah (CBP) itu sudah termasuk penyerapan 633.000 ton

03