29 March 2024 - 16:53 16:53

Jelang Pilpres, Facebook Keluarkan Larangan Iklan Pemilu

WartaPenaNews, Jakarta – Menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) di Indonesia April mendatang, Facebook telah melarang iklan pemilu dibeli di luar negeri. Larangan iklan pemilu di Indonesia yang berkaitan dengan politisi, partai atau upaya untuk mendorong penindasan pemilih dari pengiklan yang berbasis di luar negara Asia Tenggara.

“Kami ingin mempersulit campur tangan dalam pemilihan di peron, dan lebih mudah bagi orang untuk membuat suara mereka didengar secara sah dalam proses politik,” kata Katie Harbath, Direktur Kebijakan Publik untuk Pemilihan Global dan Ruben Hattari, Kepala Kebijakan Publik untuk Indonesia.

Pengumuman itu datang hanya beberapa minggu setelah pejabat Uni Eropa mengecam perusahaan itu karena tidak melakukan cukup banyak untuk meneliti iklan di situsnya menjelang pemilihan Uni Eropa pada Mei.

Sebagai tanggapan, perusahaan meluncurkan alat dan aturan baru yang akan membutuhkan berbagai iklan politik yang terkait dengan pemilu untuk secara khusus diotorisasi dan ditandai.

Perusahaan AS pertama mulai melihat pengaruhnya pada pemilihan setelah pengungkapan kampanye pengaruh Rusia selama pemilu AS 2016. Namun raksasa media sosial itu dituduh terlalu lambat untuk bertindak oleh beberapa pemimpin.

Facebook mengatakan, akan menggunakan kombinasi intervensi otomatis dan manusia untuk menghapus iklan yang menyinggung terkait Indonesia.

Selain itu, Facebook juga mengatakan akan mendirikan pusat operasi di Singapura yang berfokus pada integritas pemilu menjelang pemilihan kunci di seluruh Asia Pasifik. Pusat ini akan meningkatkan upayanya untuk mengatasi perilaku tidak sah dan penyalahgunaan pada platform yang sering meningkat selama pemilihan.

“Tim kami juga bekerja erat dengan anggota parlemen, komisi pemilu, pemeriksa fakta, peneliti, akademisi, dan kelompok masyarakat sipil untuk lebih mengintegrasikan upaya pada isu-isu penting terkait dengan integritas pemilu,” katanya.

Ia menambahkan, pusat ini akan dikelola oleh para ahli dari Facebook, Instagram dan WhatsApp, yang akan bekerja secara lintas fungsi dengan intelijen ancaman, ilmu data, teknik, penelitian, operasi masyarakat, tim hukum dan tim lainnya.

“Pusat ini akan bekerja dengan kantor pusat Menlo Park kami dan para pakar dalam negeri untuk berfungsi sebagai garis pertahanan lain terhadap berita palsu dan informasi yang salah, pidato kebencian, penindasan pemilih, dan campur tangan pemilu,” pungkasnya. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03