Juventus vs Ajax Amsterdam, Wajib Lolos

120
Foto: INT

WartaPenaNews, Jakarta – Juventus akan saling bunuh dengan Ajax Amsterdam di leg kedua babak perempat final Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Rabu (17/4) dinihari WIB. Leg pertama di Amsterdam pekan lalu, duel keduanya berkesudahan imbang dengan skor 1-1.

Megabinytang Juventus Cristiano Ronaldo membawa si Nyonya Tua unggul di menit 45. Namun tuan rumah Ajax mampu menyamakan kedudukan lewat David Neres hanya beberapa detik setelah jeda.

Di laga dinihari nanti, Ronaldo dalam kondisi fresh dan siap tempur. Pasalnya, pemain timnas Portugal yang telah mencetak 8 gol dalam 6 penampilan melawan Ajax, sempat disimpan pelatih Massimiliano Allegri saat main tandang kontra SPAL di Serie A akhir pekan kemarin. Di laga itu, Juventus keok 1-2 dan harus menunda pesta Scudetto.

“Ini adalah laga yang teramat penting bagi kami. Semua pemain dalam kondisi bugar dan siap bermain di lapangan. Ajax adalah tim hebat dan sangat berbahaya,” kata pelatih Juventus Massimiliano Allegri di Sky Sports.

Selain Ronaldo, pemain andalan lainnya Keane dan Paulo Dybala dilaporkan juga dalam kondisi fresh. Mereka akan diturunkan Allegri sejak menit awal. Jika ada yang sedikit memusingkan Allegri, mungkin itu adalah kondisi bek sentral dan kapten Giorgio Chiellini. Andai gagal fit tepat waktu, posisinya mungkin akan diisi oleh Daniele Rugani.

Menghadapi Ajax, Alllegri sudah mewanti-wanti pemainnya agar tidak boleh lengah. Tim asal Belanda itu sangat berbahaya dan mematikan. Real Madrid sudah jadi ‘tumbal’ permainan impresif anak-anak asuh Erik ten Hag di babak sebelumnya. Juventus tentu tak mau bernasib sama dengan Real Madrid.

“Ajax selalu bermain dengan cara yang sama, tak peduli kandang atau tandang. Itu artinya kami harus bermain dengan baik dan respek pada mereka. Ini akan menjadi laga sulit melawan tim yang sangat impresif,” kata Allegri.

Datang ke Turin, Ajax juga dalam kondisi kepercayaan diri yang tinggi. Akhir pekan kemarin, Ajax menang telak 6-2 dalam laga kandangnya melawan Excelsior di Eredivisie Belanda. Klaas-Jan Huntelaar mencetak hat-trick, Dusan Tadic menyumbang dua gol. Sedangkan Kasper Dolberg mencetak satu gol tak lama setelah turun dari bangku cadangan.

Kabar buruk bagi Ajax. Gelandang andalan mereka yakni Frenkie de Jong, mengalami masalah hamstring di laga tersebut dan kondisinya diragukan untuk laga kontra Juventus. Namun jika tidak parah, dia bisa saja main penuh.

Hasil imbang 1-1 di lega pertama membuat peluang kedua tim masih sama-sama terbuka. Kesalahan sekecil apa pun dalam duel dinihari nanti bisa berakibat fatal. Siapa yang mampu menjaga fokus hingga wasit meniup peluit panjang, dialah yang akan berpesta. (wsa)

Perkiraan Susunan Pemain:

Juventus (4-3-3): Szczesny; Cancelo, Bonucci, Rugani, Alex Sandro; Emre Can, Pjanic, Matuidi; Bernardeschi, Mandzukic, Cristiano Ronaldo.

Pelatih: Massimiliano Allegri.

Ajax (4-2-3-1): Onana; Mazraoui, De Ligt, Blind, Veltman; Schone, De Jong; Neres, Van De Beek, Ziyech; Tadic.

Pelatih: Erik ten Hag.

Stadion: Allianz Stadium, Turin

Waktu: Rabu, 17 April 2019 pukul 02.00 WIB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here