25 April 2024 - 04:12 4:12

Kafein Tinggi dari Kopi Memicu Hipertensi

WartaPenaNews, Jakarta – Mengonsumsi kopi sudah menjadi gaya hidup hampir tiap orang di zaman modern ini. Namun, asupan kafein berlebih bisa berbahaya untuk tekanan darah.

Banyak hal yang bisa memicu peningkatan tekanan darah seperti kurangnya aktivitas fisik, konsumsi garam berlebih, hingga asupan kafein yang berlebihan. Sebab, kadar kafein yang terlampau tinggi yang dikonsumsi berlebihan dalam satu hari, bisa memicu hipertensi.

“Gaya hidup bisa menjadi salah satu cara mencegah hipertensi, salah satunya asupan kafein. Kadar kafein yang tinggi dan berlebih hingga melebihi 2 gelas atau cangkir, bisa memicu hipertensi,” ujar spesialis penyakit dalam dr Tunggul Situmorang, SpPD-KGH, FINASIM, di Gedung Kemenkes RI, Jakarta, baru-baru ini.

Biasanya kadar tekanan darah yang tinggi sudah nampak pada mereka yang rutin mengonsumsi kopi dalam jumlah berlebih. Hal ini terlihat ketika usai mengonsumsi kopi dalam jumlah besar dan tekanan darah akan meningkat saat diukur.

Sehingga, asupan kafein sebaiknya dibatasi dengan tidak berlebihan untuk mengurangi risiko hipertensi. Tunggul menyarankan untuk mengonsumsi kafein maksimal 1 hingga 2 gelas atau secangkir per hari.

“Kafein sebenarnya bisa memberi manfaat baik asal konsumsinya tidak berlebihan. Cukup 1 atau 2 gelas per hari,” ucapnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03