Karnadi Winaga, Founder Bakso Sumber Selera, Sukses di Tengah Keprihatinan Stunting

30 tahun menjadi kuliner legacy lintas generasi. Foto: Bud

WartaPenaNews, Jakarta – Berkat peran para pengusaha bakso dalam skala rumahan maupun industri, masyarakat dapat menikmati bakso dalam beragam varian penyajian istimewa.

Totalitas dari Tangan Ke Mesin Canggih Eropa

Walau banyak pelaku usaha bakso, tidak semuanya menjalankan pola bisnis yang mengutamakan keamanan pangan. Ada-ada saja ulah tak terpuji yang pernah dilakukan oknum pedagang, diantaranya menambahkan bahan kimia, serta memanipulasi bahan dengan menggunakan bahan yang tidak layak makan.

Agar tidak salah beli dan mendapatkan bakso layak makan, anjuran utamanya membeli bakso dari brand ternama, atau membeli dari pedagang terpercaya yang memiliki rekam jejak yang jelas.

Karnadi Winaga, salah satu pelaku usaha bakso, mampu membesarkan usahanya karena kejujuran dan totalitas dengan menghadirkan bakso, sebagai kuliner legacy lintas generasi. Melalui PT. Sumber Prima Anugerah Abadi, perusahaan yang memproduksi bakso Sumber Selera, Karnadi mampu menghadirkan konsep bakso berkualitas yang mendukung asupan nutrisi buat masyarakat.

Awalnya, usaha bakso miliknya dikerjakan dengan skala home industri, menggunakan teknik pencet yang dikerjakannya bersama isteri dan dibantu 7 orang karyawan. 30 tahun kemudian, Bakso Sumber Selera menjadi pelopor terdepan industri bakso di Indonesia.

Dari 7 orang pekerja di sebuah rumah sederhana, kini Karnadi mampu mempekerjakan sekitar 700 orang dalam sebuah pabrik besar berteknologi menggunakan mesin dari Eropa.
Sumbangsih Bakso Sumber Selera terhadap pajak menjadi yang terbesar di tahun 2016 hingga 2017 di Tangerang.

Spot foto instagramable di perayaan ke 30 tahun. Foto: Bud

Kemasan Baru Agar Tidak Mudah Ditiru

Selain inovasi, pembuatan bakso menyelaraskan dengan kearifan lokal, diantaranya menggunakan varian bumbu dan rempah khas Indonesia. Saat ini hadir varian bakso dari jenis Bakso varian SA (premium), bakso varian SP 2, (spesial polos), teksturnya lebih halus, bakso varian BX (bakso polos), dan bakso varian UB (bakso urat), dan bakso Sumber Selera SB bertekstur lembut, yang best seller.

Selain memproduksi bakso, PT. Sumber Prima Anugerah Abadi telah memiliki brand Hazel sebagai brand premium produk olahan daging dan brand Harmoni sebagai brand ekonomis produk olahan daging.

Bakso Sumber Selera telah tersertifikasi halal oleh MUI dan telah memperoleh sertifikasi keamanan pangan dari BPOM dan ISO 9001-2015.
Karena kualitas dan banyak dicari masyarakat, merek bakso SS sering dipalsukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
Pada perayaan HUT Bakso Sumber Selera di Lippo Mall Puri pekan lalu, diluncurkan kemasan baru selain edukasi rutin melalui media sosial, agar pelanggan mendapatkan produk bakso asli Sumber Selera.

Entas Stunting Dengan Bakso Berkualitas

Peran terhadap pembangunan gizi masyarakat Indonesia dihadirkan dari penggunaan daging berkualitas, dengan meminimalkan penggunaan tepung. Agar asupan protein terpenuhi ketika masyarakat mengonsumsi Bakso Sumber Selera.

Namun, ditengah euforia kesuksesan usahanya, ada beban moral yang dihadapi Karnadi sehubungan dengan maraknya kasus stunting di Indonesia. “Saya prihatin, karena perusahaan yang saya bangun memiliki visi, salah satunya ingin menjadi pilar pemenuhan gizi anak Indonesia.”

“Akan tetapi, visi ini belum terlaksana sempurna. Mudah-mudahan tahun depan visi perusahaan kami akan dapat direalisasikan dan mampu berperan membantu menurunkan penderita stunting, khususnya di IndonesiaTimur, harap Karnadi. (bud)

ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here