16 April 2024 - 19:50 19:50

Katyusha Sardadi, Berburu Souvenir Hingga ke Pelosok Dunia

Katyusha Sardadi, Berburu Souvenir Hingga ke Pelosok Dunia

WartaPenaNews, Jakarta – Bagi sebuah negara, souvenir menjadi salah identitas yang dapat memberikan gambaran dan kenangan akan sebuah obyek wisata.

Fungsi souvenir pun bertambah ketika sekelompok orang mulai memberikan apresiasi dengan rutin mengumpulkan, dan mengoleksinya. Souvenir menjadi barang buruan yang bernilai dan menjadi prestise karena yang bersangkutan pernah berkunjung ke negara tertentu.

Menurut Katyusha, kolektor souvenir yang berdomisili di Pontianak. kehadiran souvenir suatu negara bertujuan untuk memberikan memori terindah kepada wisatawan.

“Awalnya, saya diberi gantungan kunci kuningan berdesain burung elang. Souvenir dari Amerika ini desainnya terlihat detil. Mata tajam dengan badan yang kokoh, hingga helaian bulu yang terlihat begitu natural, mampu memikat hati saya, kemudian saya tergerak mengoleksi beragam souvenir yang saya dapatkan, ketika berkunjung ke berbagai wilayah Nusantara maupun negara asing.

Sisanya, merupakan pemberian dari kerabat dan teman-teman.

Saat ini, sudah ada ribuan items souvenir, selain gantungan kunci, magnet kulkas, coin peringatan, maket gedung, boneka, piring, hiasan dinding, kotak obat, figurin, dlsbnya.

Karena jumlahnya yang banyak dan beragam, hanya sebagian koleksi yang saya display secara bergantian. Terutama souvenir dari jenis premium dan limited edition yang indah, menarik, dan jarang dimiliki orang!

Tempat display souvenir keseluruhannya berbahan kaca tebal dengan lampu spot light, agar souvenir terlihat indah. Tempat display ini harus terkunci dan berada di dalam ruang private!

“Pengalaman yang kurang mengenakkan dulu, sewaktu souvenir diletakkan tanpa pengamanan, ada saja yang hilang atau rusak karena ulah tamu yang bisa saja gemes dan geregetan.

“Jujur, saya pun suka geregetan jika melihat koleksi souvenir yang belum saya miliki, rasanya gimana gitu, kata Yusha tertawa.

Dari hobinya ini, kemudian muncul pengetahuan seputar produk souvenir. Menurutnya, negara-negara di Eropa memproduksi souvenir dalam 3 tingkatan kualitas.

Kualitas pabrikan

Dibuat dengan tehnik dan desain yang standar, Sebagian diimpor dari Cina atau negara Asia, karena harga produksinya lebih murah. Jenis ini tidak disarankan untuk dikoleksi, namun untuk pemula, okelah.

Souvenir kualitas menengah

Tehnik dan desainnya lebih baik dari yang standar. Walau masih diimpor dari Cina atau negara lain, ada sebagian negara yang memproduksinya sendiri.

Souvenir premium

Merupakan jenis kualitas sempurna dari tehnik, bahan, desain. Umumnya dibuat oleh seniman atau pengrajin setempat dengan mengandalkan ketrampilan tangan. Atau, jika menggunakan peralatan dan mesin, hasilnya terlihat halus dan indah.

Pengerjaannya dilakukan secara hati-hati, dan terbilang sulit. Terkenal detil dan sangat indah hingga box pembungkusnya!

Biasanya, sebuah produk souvenir yang diproduksi limited edition akan dilengkapi dengan sertifikat yang memberikan keterangan jumlah produksi serta keterangan lain yang berhubungan dengan proses produksi.

Namun, untuk mendapatkannya termasuk sulit, karena jumlahnya terbatas. Selain harus in-den, juga harganya terbilang mahal.

Menurut Katyusha, apapun kualitas souvenir yang anda beli, perhatikan desain secara teliti. Walau standar, ada sebagian lho yang masuk kategori menarik. Persisinya mendekati, bahan yang kokoh, serta pewarnaan intens dan tidak mudah luntur. (bud)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
16 April 2024 - 13:43
Terbang ke Uganda, Ivan Gunawan Resmikan Pembangunan Masjidnya

WARTAPENANEWS.COM - Ivan Gunawan dalam waktu dekat ini. akan terbang ke Uganda. Kepergiannya ke Uganda sendiri diketahui untuk meresmikan Masjid yang telah dibangunnya. Pria akrab disapa Igun menerangkan kalau ia

01
|
16 April 2024 - 12:13
Sopir Taksi Online Tewas Dihujani Tusukan oleh Begal

WARTAPENANEWS.COM - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandung berhasil mengamankan pelaku pembegalan yang terjadi di Pangalengan, Kabupaten Bandung, pada Minggu 14 April 2024 lalu. Korban pembegalan tersebut merupakan seorang sopir online,

02
|
16 April 2024 - 11:13
Ganjar akan Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2024

WARTAPENANEWS.COM -  Mahkamah Konstitusi (MK) akan segera membacakan hasil putusan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres pada 22 April 2024 mendatang. Calon Presiden (Capres) nomor urut 03, Ganjar Pranowo

03