24 April 2024 - 11:53 11:53

Kebakaran di Gunung Arjuno Kian Meluas

WartaPenaNews, Jakarta – Kebakaran hutan di Gunung Arjuno, Jawa Timur, masih terus meluas. Titik api semula berada di Blok Curah Sriti dan Blok Pusung Lembu, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, dan terpantau sejak Kamis, 10 Oktober 2019.

Titik api kini telah meluas hingga ke Blok Candi Teleh, Desa Klampok, Kacamatan Singosari, dan Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Dari dua titik ini, api masih terpantau.

“Titik api semula di kawasan hutan Pasuruan, kemudian merembet di Kabupaten Malang. Kami memantau ada dua titik api. Luas area terbakar 5 hektare,” kata Kapolres Malang, Ajun Komisari Besar Polisi Yade Setiawan Ujung, Minggu (13/10/2019).

Guna melakukan pemadaman api, personel yang dilibatkan ada sebanyak 250 orang. Mereka terdiri dari, polisi, TNI, petugas Taman Hutan Raya Raden Soerjo, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Perhutani dan relawan. Sejak Minggu siang, sebanyak 250 personel sudah berada di lokasi kebakaran.

“Setelah kami melakukan peninjauan bersama bupati dan kodim, Pemkab menetapkan tanggap darurat bencana. Karena kebakaran ini dikhawatirkan mengganggu sumber mata air di daerah hulu,” ujar Yade.

Sedangkan metode yang digunakan untuk mencegah api membesar dengan membuat sekat bakar. Tim gabungan dari Malang saat ini sedang menyelidiki penyebab kebakaran. Sementara untuk jalur pendakian ke Gunung setinggi 3.339 meter di atas permukaan laut itu telah ditutup sejak 29 Juli 2019. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

01
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

02
|
24 April 2024 - 09:18
Jelang Penetapan Prabowo-Gibran Pemenang Pilpres di KPU, 4.266 Personel TNI-Polri Diterjunkan

WARTAPENANEWS.COM - KPU akan melaksanakan agenda penetapan pemenang untuk pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, di Kantor KPU Pusat, Jakarta Pusat, Rabu (24/4). Selain capres-cawapres terpilih, KPU mengundang berbagai

03