18 April 2024 - 14:59 14:59

Kementerian PUPR Berharap Himperra Berkordinasi Aktif Dukung Program Satu Juta Rumah

Kementerian PUPR Berharap Himperra Berkordinasi Aktif Dukung Program Satu Juta Rumah

WartaPenaNews, Surabaya– Kementerian PUPR meminta para pengembang yang tergabung dalam asosiasi Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) untuk mendukung pelaksanaan Program Satu Juta Rumah.

Demikian disampaikan oleh Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid saat mewakili Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Himperra dan Pelantikan Pengurus DPD Himperra Provinsi Jawa Timur Periode 2019 – 2023 di Hotel Shangri La Surabaya, Jawa Timur, Kamis (2/5).

Untuk itu tambah Khalawi, Himperra diharapkan dapat melakukan koordinasi yang aktif baik dengan pemerintah pusat dan daerah serta pihak perbankan untuk memperbanyak pembangunan rumah bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Indonesia.

“Kami berharap Himperra dapat mendukung pemerintah dalam Program Satu Juta Rumah. Himperra juga harus lebih agresif dalam membangun rumah baik rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) maupun non MBR,” ujar Khalawi Abdul Hamid.

Khalawi menjelaskan, meskipun usia Himperra baru satu tahun, tetapi memiliki sepak terjang yang cukup baik dalam pembangunan rumah di Indonesia. Yakni termasuk dalam jajaran tiga besar asosiasi pengembang perumahan khususnya bagi MBR.

“Usia Himperra baru satu tahun tapi kinerjanya sudah membahana di Indonesia. Ketua Himperra yakni Endang Kawijaya termasuk salah satu tokoh perumahan yang fokus pada pembangunan rumah MBR dan bekerja dari hati,” ujarnya disambut tepuk tangan para peserta Rakornas.

Khalawi juga berpesan kepada Himperra untuk membangkitkan lagi semangat untuk bersama-sama menyelesaikan masalah perumahan di Indonesia. Pasalnya, hingga saat ini konsep dan strategi yang baku yang dapat dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan pembangunan di bidang perumahan untuk jangka panjang.

“Pengembang Himperra harus mampu membangun rumah yang berkualitas, nyaman, aman dan sejahtera bagi para penghuninya. Himperra selain sebagai asosiasi di bidang usaha bisnis properti tapi juga tidak lepas dari ibadah seperti lambang Himperra yang mencerminkan rumah dan ada nuansa religinya. Semoga anggotanya juga tidak segan-segan untuk tetap beramal shodaqoh sehingga bisa membuat Himperra lebih besar dikemudian hari” terangnya.

Kementerian PUPR juga berharap, Himperra dapat berkoordinasi dengan sejumlah bank penyalur KPR bersubsidi FLPP seperti BTN dan bank-bank lainnya di Jawa Timur. Dengan demikian, para pengembang Himperra juga dapat bertindak sebagai motor penggerak pembangunan rumah khususnya KPR bagi MBR di daerah.

“Saat ini informasi dari BTN Jawa Timur kuota KPR FLPP di Jawa Timur sudah habis. Tentu hal ini menunjukkan bahwa pasar properti khususnya rumah bersubsidi di Jatim sangat diminati masyarakat,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Umum DPP Himperra Endang Kawidjaja menyatakan, perjalanan Himperra sudah satu tahun tapi sebenarnya para anggotanya merupakan para pengembang yang sudah lama bergelut di bidang property. Saat ini jumlah anggota Himperra ketiga terbesar setelah REI dan Apersi. Tapi kontribusi unit rumah yang dibangun tidak kalah dengan asosiasi pengembang lainnya.

“Kontribusi unit selama tahun 2017 sebesar 245.000 unit rumah MBR dan 2018 penyaluran KPR rumah bersubsidi di BTN konsisten di 220.000 unit dan dibank lain sekitar 35.000 sehingga total mencapai 255.000 unit,” terangnya.

Rakornas ini, imbuhnya, dilaksanakan untuk mengantisipasi dan koordinasi anggota agar lebih baik ke depan dalam Program Satu Juta Rumah. Pasalnya, pihaknya terus berupaya menggenjot pembangunan rumah di lapangan sesuai dengan permintaan pemerintah.

Terkait dengan program rumah bersubsidi, sambungnya, Himperra menilai trennya terus mengalami peningkatan. Adapun target produksi nasional tahun 2019 Himperra totalnya sebanyak 290.000 unit. “Himperra siap berkoordinasi dengan Kementerian PUPR dalam pelaksanaan program rumah bersubsidi ini,” katanya.

Pada kegiatan tersebut, selain Rakornas, Ketua Umum Himperra juga melaksanakan Pelantikan Pengurus DPD Himperra Provinsi Jawa Timur Periode 2019 – 2023 serta penyerahan tiga rumah bersubsidi gratis yang berlokasi di di Kota Bandung, Sukabumi dan Serang kepada Kementerian PUPR.

Rumah gratis tersebut merupakan sumbangan dari anggota Himperra yakni PT Cakra Griya Pratama dengan nama perumahan Pratama Indah Residence, PT Fajar Terbit dengan nama perumahan Baros City View dan PT Graha Agung Kencana dengan nama Perumahan Graha Kencana.

Terkait dengan pemberian rumah gratis tersebut, imbuh Khalawi, Kementerian PUPR menyatakan, sangat berterimakasih dan mengapresiasi Himperra karena memberikan rumah gratis ini kepada mereka yang membutuhkan. Hal itu nantinya akan disampaikan kepada Menteri PUPR terkait siapa yang paling berhak menerima rumah tersebut.

“Kami akan sampaikan ke Pak Menteri PUPR dan akan dilaporkan siapa yang berhak menerima rumah bersubsidi gratis tersebut,” tandasnya.

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03