19 April 2024 - 21:28 21:28

Konsumsi Kiwi Ternyata Baik untuk Kesehatan

WartaPenaNews, Jakarta – Kiwi menjadi salah satu pilihan buah segar di daerah tropis seperti Indonesia. Memadukan rasa asam dan manis, buah ini sesuai dengan lidah masyarakat Tanah Air.

Selain segar, terdapat segudang manfaat dari mengkonsumsi buah berwarna hijau dengan bentuk menyerupai sawo ini. Penasaran apa saja? Melansir dari Health Line dan Everyday Health, berikut adalah 4 diantaranya.

1. Menyehatkan paru

Bagi Anda yang memiliki masalah pada paru seperti asma, kiwi sangatlah disarankan untuk dikonsumsi. Sebab, sebuah penelitian di Amerika Serikat juga pernah membuktikan bahwa kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi yang terdapat pada kiwi dipercaya bisa membantu mengobati asma. Selain itu, mengonsumsinya secara teratur juga dapat menyehatkan fungsi paru dengan lebih menyeluruh.

2. Membantu masalah pencernaan

Sedang susah buang air besar ataupun mengalami masalah pencernaan lain? Kiwi ternyata dapat menjadi solusinya. Ini disebabkan oleh kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu masalah pencernaan Anda. Lebih dari itu, kandungan enzim proteolitik yang sering disebut actinidin juga dipercaya dapat memecah protein lebih cepat, sehingga mempermudah kerja sistem pencernaan.

3. Menjaga kesehatan mata

Degenerasi makula adalah salah satu penyebab kebutaan. Dan kiwi adalah jawaban yang tepat untuk membantu melindungi mata Anda dari masalah penglihatan itu. Dibuktikan dari suatu studi, mengkonsumsi kiwi sebanyak tiga buah sehari rupanya dipercaya dapat mengurangi resiko degenerasi makula sebesar 36 persen. Ini disebabkan oleh kandungan zeaxanthin dan lutein tingkat tinggi.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin C memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dan seperti penjelasan sebelumnya, kiwi memang kaya akan vitamin C itu. Sehingga, suatu studi bahkan menemukan bahwa satu buah kiwi dapat mengurangi kemungkinan pengembangan penyakit seperti pilek atau flu. Ini khususnya berlaku pada kelompok berisiko seperti orang di atas usia 65 dan anak-anak. (mus)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03