24 April 2024 - 12:21 12:21

Konsumsi Sayuran Allium Mampu Kurangi Risiko Kanker Kolorektal

WartaPenaNews, Jakarta – Kanker kolorektal adalah kanker usus besar atau dubur, yang terletak di ujung bawah saluran pencernaan. Ini adalah penyebab utama kedua dan ketiga dari kematian akibat kanker pada pria dan wanita.

Konsumsi sayuran allium seperti bawang putih, bawang perai, dan bawang merah bisa mengurangi risiko mengembangkan kanker kolorektal.

Studi yang diterbitkan dalam Jurnal Onkologi Klinis Asia Pasifik menemukan bahwa kemungkinan kanker kolorektal adalah 79 persen lebih rendah pada orang dewasa yang mengonsumsi sayuran allium dalam jumlah tinggi dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsinya dalam jumlah rendah.

“Perlu dicatat bahwa dalam penelitian kami, tampaknya ada tren, dimana semakin besar konsumsi jumlah sayuran allium, maka akan semakin baik manfaat perlindungannya,” kata peneliti Zhi Li, seperti dilansir laman India Times, Minggu (17/3).

“Secara umum, temuan ini menjelaskan pencegahan utama kanker kolorektal melalui intervensi gaya hidup, yang layak untuk dieksplorasi lebih dalam,” pungkas Li.

Dalam studi tersebut, 833 pasien kanker kolorektal dibandingkan dengan 833 kontrol sehat berdasarkan usia, jenis kelamin dan daerah tempat tinggal.

Informasi demografis dan diet dikumpulkan melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner frekuensi makanan yang divalidasi. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03