26 April 2024 - 01:53 1:53

KPU Bantul Bentuk Desa Pelopor Demokrasi

WartaPenaNews, Jakarta – Komisi Penentuan Umum Kabupaten Bantul (KPU Kabupaten Bantul) akan memaksimalkan program pendidikan pemilih. Diantaranya melalui pembentukan desa perintis demokrasi. Dari 75 desa se-Kabupaten Bantul baru tercipta 3 desa perintis demokrasi. Yakni, Desa Sumbermulyo, Dlingo, dan Guwosari.

Tiga desa perintis demokrasi dianggap belum dapat merepresentasikan jumlahnya masyarakat Bantul. Hingga, KPU Bantul akan meningkatkan jumlahnya Desa Perintis demokrasi tahun 2019.

“Tahun ini kami akan membuat Desa Perintis Demokrasi di tiga tempat,” kata Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho, Jumat (9/8/2019).

Didik menjelaskan, secara jumlah penerapan demokrasi di Kabupaten Bantul memang lumayan bagus dibandingkan pemilu sebelumnya.

Ini ditandai dengan bertambahnya keterlibatan pemilih pada pemilu 2019 yang mencapai 78 persen. Tetapi demikian, secara kualitas masih adanya rumor sara dan politik uang yang berkembang ditengah-tengah warga.

“Saat Pemilu April 2019 lalu masih banyak ajaran kedengkian terkait pemilu. Hingga, ini memberikan belum terwujudnya demokrasi yang sehat,” tutur Didik.

Tidak hanya desa perintis demokrasi sebagai pendidikan pemilih faksinya akan mengikuti sekolah saat Penentuan Ketua Osis (Pemilos). Pekerjaan yang sudah berjalan sejak tahun 2011 ini dapat dibuktikan efisien memberikan pendidikan buat pemilih pemula. Hingga, pada pelajari Pemilu 2019 perwakilan berbagai lembaga yang berkejasama dengan KPU Bantul turut diundang. Seperti, Disdikpora, Kantor Dikmen dan Kesbangpol.

“Pendidikan pemilih penting terutama desa yang akan menyelenggarakan penentuan kades dan Pemilihan kepala daerah pada tahun 2020. Karenanya, kami akan membuat Desa Perintis Demokrasi di Kabupaten Bantul,” jelas Didik, ketua KPU Kabupaten Bantul. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03