29 March 2024 - 04:05 4:05

Legenda Timnas Bicara Kriteria Ideal Ketum PSSI

WartaPenaNews, Jakarta – Legenda Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia, Dede Sulaiman ikut sumbang saran soal rencana anggota eksekutif (Exco) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang bakal mengelar Kongres Luar Biasa (KLB).

Sosok yang pernah menjadi generasi emas di Persija Jakarta itu berharap pemimpin PSSI ke depan mampu membawa perubahan yang lebih baik untuk sepak bola tahan air. Ia juga berharap, pemimpin PSSI nantinya bisa membawa sepak bola Indonesia menuju kelas dunia.

Oleh sebab itu, pria kelahiran Jakarta 8 Mei 1956 tersebut memiliki empat poin kriteria yang pantas menjabat sebagai Ketua umum PSSI. Dia menyakini, kriteria yang diinginkannya itu bisa mengantarkan sepak bola Indonesia menuju kelas dunia. Namun menurutya, kriteria yang diinginkannya itu juga harus dimiliki para anggota Exco PSSI ke depan.

“Untuk menjadi ketua umum PSSI dan Exco PSSI menuju world class (kelas dunia), sepak bola Indonesia harus mempunyai pemimpin yang memiliki jiwa, world class people, world class leader, wolrd class organization dan keempat world class finance,” ungkap Dede Sulaiman, Senin (11/3).

Dede sendiri merincikan satu per satu, empat poin kriteria-kriteria yang disebutkan tersebut. Menurutnya, pemimpin yang memiliki kriteria world class people (orang kelas dunia) akan berguna untuk kemajuan sepak bola Indonesia.

“Pemimpin PSSI harus memiliki kriteria world class people. Tentunya, pemimpin yang memilik kriteria itu, harus bisa meciptakan pemain sepak bola yang profesional, meningkatkan prestasi sepak bola serta mampu mengoptimalkan (Sumber Daya Manusia) secara maksimal,” terang Dede.

Untuk kriteria world class leader (pemimpin kelas dunia), Dede mengharapkan Ketua Umum PSSI nantinya, mampu menjadi pemimpin yang memiliki kompetensi khusus sepak bola dan berwawasan luas, menjadi pemimpin yang jujur dan transparat.

“Memiliki terobosan inovasi untuk kemajuan sepak bola serta fokus dan mempunyai semangat kerja yang tinggi, serta mampu membangun tim kerja yang solid dan handal,” sambungnya.

Lebih lanjut, Dede menjelaskan pemimpin juga wajib memiliki jiwa world class organization (organisasi kelas dunia). Kriteria pemimpin yang memiliki jiwa organisasi kelas dunia harus menerapkan excellence corporate governance (tata kelola perushaan yang unggul), melakukan monitoring dan evaluasi kerja secara berkala.

“Serta memiliki sturktur organisasi yang sesuai dengan job description (rencana kerja) dan memiliki rencana kerja jangka pendek dan jangka panjang,” urainya.

Sedangkan untuk kriteria world class finance, menurutnya pemimpin PSSI kedepannya harus memiliki ketersediaan data yang tepat, cepat, akurat dan transparan. “Dan Ketersediaan dana untuk mendukung operasional sepak bola indonesia serta memiliki penerapan Cost Effective (hemat biaya) dan Efficient (efisien),” tegasnya.

Disinggung siapa yang memiliki kriteria-kriteria yang disebutkannya tersebut, legenda timnas yang pernah mengoyak gawang Korea Selatan pada Pra Piala Dunia (PPD) 1986 itu menyebutkan nama Erick Thohir.

Erick Thohir saat ini bertatus sebagai ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Selain itu saat ini, ia juga menjabat sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Maruf Amin.

“Erick Thohir bisa masuk dalam kriteria yang dimaksud. Dengan catatan semua anggota Exco dan pengurus yang lain harus diganti semua. Lakukan Reformasi total,” tandas Dede. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03