29 March 2024 - 00:27 0:27

Lima Salep untuk Mengatasi Anus Bengkak dan Gatal Akibat Ambeien

WartaPenaNews, Jakarta

Merasakan tonjolan lunak di pantat, sakit saat duduk, ngilu saat ngeden, sampai BAB berdarah mungkin saja pertanda Anda punyai wasir (ambeien). Terdapat beberapa pemicu wasir, dan karena itu pilihan pengobatannya beragam. Diantaranya dengan teratur memoleskan salep tepat pada tonjolan wasir.
Pilihan salep ambeien dari dokter yang ampuh dan aman

Biasanya ambeien dapat pulih sendiri. Tetapi jika tidak pulih setelah seminggu, Anda harus konsultasi ke dokter. Dokter nanti akan menganalisis sebegitu parah keadaan ambeien Anda dan memberikan salep yang harus dioles-oleskan teratur. Apa pilihannya?

1. Salep hidrokortison

Untuk menyembuhkan ambeien, biasanya dokter akan memberikan salep wasir yang mengandung hidrokortison.

Hidrokortison termasuk dalam kelompok obat kortikosteroid yang kerja mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan gatal-gatal.

Salep wasir yang mengandung hidrokortison biasanya dapat berupa krim beri atau krim dalam tabung yang diperlengkapi dengan aplikator. Aplikator berperan menghindari efek paparan bakteri dan infeksi dari kontak kulit langsung di antara tangan dengan anus.

Salep beri hidrokortison dapat dioles pada ambeien yang kelihatan pada anus (ambeien luar/external).

Bagaimana dosis dan cara pakainya?

Salep ambeien dengan kandungan hidrokortison bisa digunakan pada beberapa anak umur 12 tahun ke atas sampai orang dewasa. Salep beri ini biasanya digunakan sampai 3 atau 4 kali sehari.

Sebelum menggunakan obat ini, tanyakan pada dokter atau apoteker panduan pemakaiannya. Gunakan salep ambeien hidrokortison yang diresepkan dokter sesuai ketentuan. Jangan menggunakannya terlalu sedikit atau banyak daripada yang disarankan dokter.

Obat ini tidak bisa digunakan dalam periode panjang karena ada efek resikonya. Salep hidrokortison bisa menimbulkan resikonya berbentuk atrofi mukosa.

Janganlah lupa berikan tahu dokter Anda jika gejala wasir lebih baik, lebih buruk, atau ada resikonya selama menggunakan salep. Bila Anda lebih baik atau lebih buruk, dokter dapat merubah dosisnya sesuai kebutuhan.

Bila Anda sudah gunakan salep hidrokortison dan tidak lebih baik dalam 7 hari, hentikan penggunaannya dan hubungi dokter Anda.

2. Salep lidocaine dan hidrokortison

Salep untuk ambeien ada juga yang mengandung gabungan lidocaine dan hidrokortison.

Hidrokortison berperan untuk menyembuhkan gatal, abuh, kemerahan, dan rasa tidak nyaman pada anus.

Selain itu, lidocaine ialah bahan obat bius yang berperan mematikan rasa ngilu sementara di ruang itu.

Bagaimana cara gunakan dan dosisnya?

Salep wasir ini dioles menggunakan aplikator spesial. Sebelum mengoleskannya, membersihkan dahulu ruang anus yang abuh dengan sabun dan air mengalir. Basuh bersih dan keringkan secara baik.

Umumnya salep gabungan lidocaine dan hidrokortison diperlengkapi dengan tisu sekali gunakan untuk bersihkan ruang anus yang ambeien.

Jangan gunakan jari Anda untuk memoleskan obat ke anus. Waktu ingin menggunakannya, masukan ujung aplikator dengan lembut cuma 1,5-2,5 cm ke anus. Berikan salep di dan di sekitar lubang anus seperti yang ditempatkan dalam petunjuk paket atau oleh dokter Anda.

Bila produk Anda spesial sekali gunakan, buang semua sisi dan paketannya segera setelah digunakan. Aplikator dan tersisa obat (jika ada) jangan digunakan kembali.

Untuk memoleskan salep dibagian terluar anus, berikan dikit saja dan gosok dengan lembut. Satu kali lagi ingat, salep hidrokortison bisa memberikan resikonya berbentuk atrofi mukosa. Semestinya tidak digunakan dalam periode panjang.
Salep alami untuk meredakan gejala ambeien di rumah

Tidak hanya pilihan salep obat dari dokter, Anda dapat menggunakan salep alami yang mungkin sudah Anda punyai di rumah. Tersebut pilihannya:

1. Witch hazel

Witch hazel ialah salep yang terbuat dari tanaman Hamamelis virginiana, sejenis semak asli Amerika Utara. Daun dan kulit kayu tanaman semak itu seringkali dibuat jadi salep.

Witch hazel dipercaya bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit, gatal dan perdarahan karena wasir. Witch hazel dapat dibuktikan mengandung tanin yang bisa menolong menurunkan peradangan dan perlambat perdarahan.

Tetapi, belum ada banyak riset valid yang menyatakan jika salep wasir ini ampuh untuk menangani ambeien.

Untuk coba menyembuhkan ambeien, berikan salep witch hazel langsung ke kulit yang bermasalah. Berikan salep 6 kali dalam sehari setelah buang air besar.

Berikan di wasir yang abuh saja, tidak dianjurkan dioles-oleskan sampai masuk ke lubang anus. Yakinkan Anda tidak memiliki alergi pada witch hazel sebelum penggunaan.

2. Cream kombinasi gliserin dan garam epsom

Diambil dari Cleveland Clinic, Anda dapat membuat sendiri salep wasir di rumah dari kombinasi gliserin dan garam epson. Salep rumahan ini dapat dioles-oleskan langsung pada anus yang meradang. Tersebut cara membuat:

Campur 2 sendok makan garam epsom dengan 2 sendok makan gliserin
Berikan kombinasi itu ke kain kasa dan letakkan di ruang yang menyakitkan
Meninggalkan kain kasa pada anus ambeien yang abuh selama 15-20 menit
Ulangilah setiap empat sampai enam jam sampai ngilu berkurang

3. Gunakan gel lidah buaya

Salep dari lidah buaya sudah umum digunakan untuk menyembuhkan berbagai keadaan kulit. Lidah buaya berbentuk karakter antiradang yang bisa menolong mengurangi iritasi pada kulit.

Sampai saat ini tidak ada cukup bukti ilmiah yang pastikan faedah lidah buaya untuk menyembuhkan ambeien. Tetapi menurut National Center for Complimentary and Integrated Health, gel lidah buaya benar-benar aman untuk digunakan.

Dengan catatan, gel lidah buaya yang dioles untuk ambeien cuma bisa yang murni tanpa kombinasi apa pun. Gel lidah buaya murni bisa Anda kerok langsung dari daun lidah buaya fresh.

Yakinkan Anda tidak memiliki alergi pada lidah buaya sebelum penggunaan. Beberapa orang yang punyai alergi bawang putih condong alergi pada lidah buaya juga. Coba berikan dahulu dikit gel pada punggung tangan dan nantikan 24-48 jam.

Bila tidak ada reaksi, gel lidah buaya aman digunakan sebagai salep ambeien. (mus)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03