29 March 2024 - 22:33 22:33

Limbah Salak Sepat Diolah Menjadi Beragam Kue Lezat

WartaPenaNews, Jakarta – Limbah buah salak hingga ribuan kilo tertumpuk menggunung, menjadi pemandangan lumrah, usai panen buah salak di Balikpapan, Kal-tim. Unsur hara yang kurang cocok menghasilkan rasa buah salak yang asam dan sepat.

Buka Mata Pelaku Kuliner Balikpapan

Berkat tangan kreatif seorang ibu rumah tangga, limbah salak yang awalnya hanya diperuntukkan sebagai kompos, bisa diolah menjadi berbagai kreasi makanan lezat. Sebagian produk kuliner berbahan limbah tersebut, telah menjadi ikon baru, oleh-oleh kuliner Balikpapan, Kalimantan – Timur.

Upaya Riswah Yuni membuka mata melalui petualangan lidah dengan beragam produk cake yang patut di apresiasi.

Melalui brand Cake Salakilo sudah enam varian cake salak yang diproduksinya. Rasa original, almond, keju, cokelat keju, kurma madu, dan tiramisu tersedia dalam tiga ukuran kecil, sedang, dan besar.

Tiga dari enam varian rasa Cake Salak.  Foto: Dok. Cake SalaKilo

Sensasi Kelezatan Dari Enam Varian Rasa

Menurut Yuni, dalam sehari diproduksi 100 loyang cake, sedangkan week end bisa mencapai 200 loyang dari berbagai varian rasa serta ukuran.

Bahan dasar cake terbuat dari 50 persen buah salak yang dicincang halus, sari buah salak dijadikan flavour alami cake, dan sisanya merupakan bahan campuran dari gula pasir, margarin, telur ayam, dan tepung terigu.

Rasa cake salak terbilang lezat, dengan sensasi dari cincangan salak dari dalam kue. Teksturnya lembut dengan aroma khas yang sedap. Sangat istimewa buat mereka yang kurang menggemari buah salak.

Selain hasil produksi tersertifikasi halal, berijin PIRT. (Bud)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03