28 March 2024 - 23:28 23:28

Manfaat Biji Nangka yang Tak Boleh Anda Lewatkan

WartaPenaNews, Jakarta - Buah nangka merupakan satu diantara sumber vitamin, mineral, dan serat paling baik untuk badan. Tetapi, faedah nangka buat kesehatan tidak hanya terbatas pada daging buahnya saja. Tidak banyak diketahui, biji nangka ternyata menaruh segudang faedah buat kesehatan Anda.
Bermacam faedah mengonsumsi biji nangka

Seratus gram buah nangka mengandung 157 kalori, 2,8 gram protein, 38 gram karbohidrat, 2,5 gram lemak, dan 1 gram lemak. Nangka mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral dalam jumlahnya yang beragam.

Tetapi, tahukah Anda? Beberapa nutrisi pada biji nangka justru semakin banyak dibandingkan daging buahnya. Biji nangka bahkan diketahui memiliki kandungan antioksidan.

Bermacam nutrisi berikut yang membuat biji nangka memiliki khasiat sebagai tersebut:

1. Turunkan kolesterol

Riset pada hewan tunjukkan jika biji nangka berpotensi menurunkan kolesterol LDL dan tingkatkan kolesterol HDL. LDL (low-density lipoprotein) ialah kolesterol ‘jahat’ yang menyebabkan penimbunan plak pada pembuluh darah.

Selain itu, HDL (high-density lipoprotein) merupakan kolesterol ‘baik’ yang dapat menahan pembentukan plak kolesterol. Konsumsi biji nangka akan memberikan faedah besar buat kesetimbangan kadar kolesterol Anda.

2. Memperhatikan kesehatan pencernaan

Seratus gram biji nangka rebus mengandung serat sekitar 1,5 gram. Tidak itu saja, biji nangka mengandung banyak prebiotik. Prebiotik ialah senyawa yang tingkatkan perkembangan dan aktivitas bakteri baik pada aliran cerna.

Kandungan serat dan prebiotik pada biji nangka memiliki banyak faedah buat kesehatan pencernaan. Salah satunya lancarkan pencernaan, menahan sembelit, dan menurunkan efek kanker usus besar.

3. Turunkan efek kanker

Biji nangka mengandung senyawa antioksidan berbentuk flavonoid, saponin, dan tannin. Senyawa-senyawa ini dapat melindungi sel badan dari radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul yang bisa merusak sel dan menyebabkan perkembangan sel kanker.

Senyawa antioksidan pada biji nangka punyai faedah menahan pembentukan pembuluh darah di sekitar sel kanker. Tanpa ada pembuluh darah yang mencukupi, sel kanker tidak akan mendapatkan suplai darah dan nutrisi untuk tumbuh.

4. Menahan infeksi bakteri

Beberapa riset menemukan adanya senyawa antibakteri pada biji nangka. Sejumlah besar senyawa itu ditemukan pada permukaan biji nangka dan sudah sejak lama digunakan sebagai obat diare alami.

Senyawa antibakteri pada biji nangka cukup efisien menantang bakteri E. coli yang seringkali jadi pemicu masalah pencernaan. Karena faedah ini, biji nangka berpotensi jadi obat alami untuk penyakit yang disebarkan melalui makanan terkontaminasi.

5. Tingkatkan perkembangan rambut

Biji nangka kaya akan protein, zat besi, dan vitamin A yang penting buat perkembangan rambut. Protein pada biji nangka dibutuhkan untuk menciptakan helai rambut yang kuat. Vitamin A melindungi rambut supaya tidak mudah ringkih.

Selain itu, zat besi bermanfaat untuk tingkatkan saluran darah ke arah kulit kepala. Darah akan bawa berbagai nutrisi yang diperlukan supaya rambut tetap kuat, sehat, dan tumbuh lebat.

Buah-buahan mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat buat badan. Walau demikian, faedah buah-buahan tidak cuma berasal dari sisi dagingnya yang umum dikonsumsi.

Biji buah-buahan seperti nangka contohnya, justru sangat kaya akan protein, vitamin, mineral, sampai senyawa antioksidan penangkal kanker. Bukanlah berasa ganjil, mengonsumsi biji nangka justru akan memberikan faedah yang mungkin tak sudah pernah Anda bayangkan.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03