29 March 2024 - 14:28 14:28

Manfaat HIIT Cardio yang Perlu Anda Ketahui

WartaPenaNews, Jakarta – Sudah pernah mendengar olahraga HIIT cardio? Untuk Anda yang belum tahu, HIIT adalah salah satu jenis olahraga kardio intens dalam waktu singkat. HIIT cardio berlangsung selama 10 hingga 30 menit yang biasanya akan diselingi dengan beberapa kali istirahat agar tubuh pulih kembali. Nah, ternyata ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan melakukan olahraga jenis ini. Ingin tahu apa saja manfaat berolahraga HIIT cardio? Simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat olahraga HIIT cardio

Akhir-akhir ini, olahraga HIIT cardio menjadi primadona yang diminati oleh banyak orang. Mulai dari menurunkan berat badan secara cepat hingga menjaga fungsi organ tubuh. Ternyata tak hanya itu ada banyak manfaat lain yang dapat Anda rasakan setelah rutin menjalani olahraga jenis ini. Berikut penjelasannya:

1. Membakar kalori dalam waktu singkat

Anda ingin membakar kalori di dalam tubuh Anda secara cepat? Olahraga HIIT cardio adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Sebuah penelitian pada tahun 2015 membandingkan olahraga HIIT dengan latihan angkat beban, lari, dan bersepeda selama 30 menit. Hasilnya, HIIT mampu membakar 25persen hingga 30% kalori dibanding olahraga jenis lainnya.

Pada penelitian ini, HIIT dilakukan selama 20 detik secara maksimal, diikuti dengan 40 detik istirahat, kemudian mengulang kembali 20 detik olahraga. Total waktu yang dihabiskan untuk olahraga HIIT hanyalah sepertiga dari waktu yang diperlukan untuk berlari dan bersepeda.

Ini artinya, manfaat dari melakukan latihan intens seperti HIIT cardio adalah kalori tubuh terbakar secara efisien. Hal ini tentunya sangat berguna bagi Anda yang sibuk dan kesulitan mencari waktu untuk berolahraga.

2. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat lain dari HIIT cardio adalah menurunkan berat badan secara signifikan. Karena olahraga ini dapat membakar kalori dengan cepat, otomatis lemak yang terdapat di dalam tubuh juga lebih mudah terbakar.

Studi yang dilakukan oleh University of New South Wales menunjukkan bahwa olahraga HIIT sebanyak 3 kali seminggu selama 20 menit dapat membantu menurunkan berat badan sebanyak 2 kg. Penurunan ini terlihat setelah 12 minggu, bahkan tanpa adanya perubahan pola makan.

Apabila tujuan utama Anda berolahraga adalah mendapatkan berat badan yang ideal dalam waktu yang relatif singkat, olahraga ini sangat cocok untuk Anda.

3. Meningkatkan metabolisme tubuh selama beberapa jam ke depan

Yang menarik dari olahraga HIIT cardio adalah tubuh Anda akan tetap membakar kalori, bahkan beberapa jam setelah Anda selesai berolahraga.

Hal ini disebabkan karena intensitas olahraga HIIT yang tinggi membuat metabolisme tubuh Anda akan tetap bekerja secara maksimal, meskipun Anda sudah beristirahat.

4. Baik untuk kesehatan jantung dan tekanan darah

Manfaat berikutnya dari HIIT cardio adalah membantu menjaga kesehatan jantung serta tekanan darah Anda, terutama pada orang-orang dengan berat badan berlebih atau obesitas.

Penderita obesitas umumnya sangat rentan mengalami masalah pada jantung dan tekanan darah tinggi. Maka dari itu, para ahli menyarankan penderita obesitas untuk melakukan olahraga HIIT sebanyak 4 kali seminggu selama 20-30 menit.

5. Menambah massa otot

Selain menghilangkan lemak dan menurunkan berat badan, HIIT cardio dapat membantu tubuh Anda membentuk otot, terutama di bagian kaki dan perut.

Namun, Anda juga harus berhati-hati dan jangan sampai melakukan olahraga HIIT terlalu sering. Pastikan Anda beristirahat yang cukup dan beri jeda minimal satu hari di setiap latihan yang Anda lakukan.

Jika Anda memaksakan diri berolahraga HIIT setiap hari, Anda berpotensi mengalami nyeri otot dan radang sendi, serta meningkatkan risiko cedera.

6. Membantu menurunkan kadar gula darah

Sudah banyak penelitian yang membuktikan manfaat HIIT cardio untuk penderita diabetes. Studi yang dilakukan pada tahun 2014 menunjukkan bahwa olahraga jenis ini membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Selain adanya penurunan kadar gula darah, kondisi resistensi insulin yang sering terjadi pada penderita diabetes juga mengalami perbaikan. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03