20 April 2024 - 11:24 11:24

Manfaat Sawi Putih dan Cara Mengolahnya

WartaPenaNews, Jakarta – Kecuali jadikan sebagai hidangan, sawi putih pun memiliki segudang kegunaan yang baik untuk kesehatan. Sawi putih merupakan bahan makanan rendah kalori yang padat nutrisi. Kalau Anda ingin tahu dengan kegunaan sawi putih, baca penjelasan selanjutnya.

Kecuali rendah lemak dan rendah kalori, adalah cuma 13 kalori per 100 gram, sawi putih kaya akan nutrisi. Sayuran ini mengandung karbohidrat, serat, protein, dan berbagai mineral serta vitamin penting. Vitamin dan mineral yang terdapat di sawi putih yakni vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, C, E, K, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, zat besi, zinc, dan natrium.

Berikut sejumlah kegunaan sawi putih untuk kesehatan:

1. Menambah mode ketahanan badan

Sawi putih mengandung vitamin C. Vitamin C bermanfaat untuk menambah mode ketahanan badan dan menahan kerusakan sel gara-gara radikal bebas. Konsumsi sawi putih secara teratur bisa membuat Anda tidak mudah terkena penyakit.

2. Mempertahankan kesehatan mata

Gak cuma menambah mode imunitas badan, sawi putih pun bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan mata. Ini karena vitamin A dan beta karoten yang terdapat di sawi putih.

3. Sehatkan aliran pencernaan

Serat yang terdapat di sawi putih efisien untuk mempertahankan kesehatan aliran pencernaan, karena serat di sawi putih bisa menambah pergerakan usus yang akan menolong menangani sembelit dan konstipasi.

4. Mengendalikan tekanan darah

Kandungan kalium yang ada di sawi putih bisa menolong mengendalikan tekanan darah. Walau begitu, sayuran ini tidak dapat digunakan sebagai obat penurun tekanan darah tinggi. Pasien hipertensi tetap harus teratur mengonsumsi obat dan menekuni pola hidup sehat untuk mengendalikan tekanan darah.

5. Menambah kesehatan tulang

Sawi putih pun berfungsi untuk mempertahankan kesehatan tulang, karena kalsium dan vitamin K yang terdapat di sawi putih akan mengawasi kepadatan tulang juga sekaligus menahan osteoporosis.

Resep Sehat Olahan Sawi Putih
Anda dapat coba salah satunya resep sehat olahan sawi putih berikut ini:

Tumis sawi putih wortel

Beberapa bahan:

1 bonggol sawi putih, membersihkan dan potong
1 buah wortel, membersihkan dan potong
5 buah bakso, potong
4 siung bawang merah, cicang halus
1 siung bawang putih, cincang halus
2 buah cabe rawit, potong
2 sdt minyak sayur
Garam sesuai kebutuhan
Lada sesuai kebutuhan

Metode membuat:

Panasi minyak sayur di atas wajan.
Tambahkan bawang putih, bawang merah, dan cabe rawit. Tumis ketiga bahan itu sampai harum.
Setelah harum, tambahkan bakso, wortel, dan sawi putih. Masak sesaat, lalu tambahkan lada dan garam sesuai kebutuhan.
Angkat tumisan sawi putih dari wajan dan sajikan.
Sejumlah kegunaan sawi putih di atas dapat Anda peroleh dengan mengonsumsinya secara teratur. Anda bisa mengolahnya dengan bahan makanan sehat yang lain sesuai hasrat. Kalau Anda memiliki situasi medis khusus, berkonsultasilah dengan dokter untuk paham jumlah dan jenis makanan sehat yang direkomendasikan, sesuai situasi Anda. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03