24 April 2024 - 22:09 22:09

Melihat Bukti Nyata Revolusi Mental di Surabaya

Melihat Bukti Nyata Revolusi Mental di Surabaya

WartaPenaNews, Surabaya – Setelah beberapa waktu lalu telah dilaksanakan Gathering Positif Bermedia Sosial di Jakarta, Kemenko PMK bekerja sama dengan beberapa Kementerian/Lembaga dan para penggiat Media Sosial (netizen, blogger, youtuber, dan lain-lain), hari ini (Senin, 22/4) berkumpul di Surabaya, melaksanakan kegiatan serupa.

“Saat ini, media sosial menjadi kebutuhan ‘wajib’ di kalangan masyarakat. Pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, pedagang hingga politisi, semua mengakses medsos. Oleh karenanya,  perlu dibangun kesadaran kuat untuk memanfaatkan medsos sebagai sarana yang produktif, bukan sebaliknya dipenuhi fitnah, hoax, dan lain-lain,” tegas Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK, Nyoman Shuida.

Ditambahkannya, medsos seharusnya digunakan untuk makin merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa, bertukar informasi yang bermanfaat dan pada gilirannya dapat berkontribusi pada pembangunan.

“Melalui pertemuan ini saya sangat berharap nilai-nilai strategis Gerakan Revolusi Mental yaitu Integritas, Etos Kerja, dan Gotong Rotong mampu dipahami peserta dan sikap/perilaku kita mencontohkan perilaku melayani, bersih, tertib, mandiri, dan bersatu”, harap Nyoman saat menyampaikan pengantar mengawali diskusi “Gathering Positif Bermedia Sosial” di Hotel Four Point, Surabaya.

Pemilihan Surabaya sebagai tempat penyelenggaraan karena telah banyak capaian yang diperoleh Kota Surabaya dalam aspek pelayanan publik, dan lain-lain. Misal : transportasi umum Bus Suroboyo yang sistem pembayarannya menggunakan sampah plastik/botol-botol bekas sebagai upaya menjaga kebersihan dan lingkungan hidup yang selaras dengan Gerakan Indonesia Bersih. Command Center 24 Jam Kota Surabaya yang melayani aduan warga Surabaya 24 jam sebagai implementasi Gerakan Indonesia Melayani.

“Terima kasih kepada Kemenko PMK dan seluruh peserta yang telah memilih Surabaya sebagai tempat penyelenggaraan Gathering Positif Bermedia Sosial, silahkan nanti melihat secara langsung manajemen pelayanan publik yang disiapkan oleh Pemkot Surabaya, semoga capaian positif yang telah diraih Surabaya dapat disebarluaskan oleh para peserta,” urai Walikota Surabaya Tri Rismaharini saat membuka secara resmi gelaran Gathering Positif Bermedia Sosial.

Selanjutnya, para peserta akan mendapatkan pemahaman tentang substansi Aksi Nyata Revolusi Mental dari Prof. Paulus Wirutomo, Perwakilan Gugus Tugas Nasional Revolusi Mental; iBob Tarigan Cameo Project tentang konten-konten positif yang bisa menjadi viral di Youtube; Akhyari Good News From Indonesia tentang Membuat konten positif tentang melayani, bersih dan tertib; dan Dinas Perhubungan Surabaya penggunaan sampah plastik sebagai tiket naik Bus Suroboyo.

Di akhir acara, peserta juga berkesempatan field visit menggunakan Bus Suroboyo, meninjau Command Center, dan lain-lain. Diharapkan peserta akan turut menyebarkan capaian-capaian dan nilai-nilai positif yang dilihat secara langsung. (sol)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03