23 April 2024 - 09:15 9:15

Mendagri Yakin 78 Persen Rakyat Indonesia Ikut Pemilu

WartaPenaNews, Jakarta – Mendagri Tjahjo Kumolo menyampaikan dua substansi besar terkait pemilihan umum yang akan digelar beberapa saat lagi, yakni kaitan tahapan konsolidasi demokrasi Pileg dan Pilpres Tahun 2019 serta Sinkronisasi Pelaksanaan Program Pengembangan SDM Aparatur Kemendagri dan Pemerintah Daerah.

Pada Tahapan konsolidasi, Tjahjo mengingatkan para Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Se-Indonesia bahwa perlu diperhatikan bersama oleh Pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk memberikan bantuan dan fasilitasi kepada Penyelenggara Pemilu mendukung tahapan Pemilu sampai pada pelantikan, Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, DPR RI dan DPD RI serta Presiden dan Wakil Presiden.

Lebih lanjut, Mendagri menghimbau seluruh aparatur Pusat sampai daerah untuk membantu sosialisasi Pileg dan Pilpres Serentak Tahun 2019 agar tercapainya tingkat partisipasi politik masyarakat.

”Targetan Penyelenggara Pemilu adalah 78 persen mudah-mudahan bisa lebih. Kunci dari pelaksanaan sosialisasi tidak hanya dibebankan kepada penyelenggara Pemilu, tetapi seluruh aparatur Pemerintah, pemerintah daerah, dan seluruh masyarakat untuk ikut membantu, karena Pemilu Serentak kali ini mencoblos 5 surat suara dan dari hasil simulasi proses pemungutan suara yang dibutuhkan 1 orangnya bisa mencapai 11 menitan,” papar Tjahjo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (2/3).

Menurut Politikus PDIP ini, suksesnya Pemilu dapat dilihat berdasarkan tingkat partisipasi dari masyarakatnya dan menjaga legitimasi dari hasilnya.

“Jadi mari kita sukseskan agar Pemilu yang akan digelar pada April 2019 mendatang dapat sukses dan menghasilkan pemimpin yang benar-benar melayani masyarakat,” pungkasnya. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03