28 March 2024 - 23:11 23:11

Mengapa Ada Orang yang Gampang Menangis dan Ada yang Tidak?

WartaPenaNews, Jakarta – Ada orang yang benar-benar mudah menangis, bahkan cuma dari menonton film memilukan atau dengar narasi mengharukan. Di lain sisi, ada juga beberapa orang yang benar-benar susah menangis walau sebenarnya merasakan susah. Apa yang menyebabkan ketidaksamaan itu?
Kenapa manusia menangis?

Menangis ialah tanggapan alamiah manusia pada luapan emosi yang dirasakannya. Emosi yang membuat seseorang menangis biasanya berupa rasa sakit dan susah, tetapi ada juga keadaan lain yang bisa memicunya.

Misalnya, seseorang dapat mudah menangis saat melihat suatu yang indah atau saat merasakan terharu. Anda benar-benar tidak merasakan emosi negatif, tetapi Anda justru tunjukkan tanggapan yang sama juga dengan beberapa orang yang mengalami rasa sedih.

Menangis sebenarnya merupakan tanda jika ada suatu yang terjadi pada diri Anda. Sadar atau tidak, Anda mungkin sedang merasakan susah, frustrasi, mengalami luapan emosi, atau sekadar ingin mendapatkan perhatian orang.

Tingkah laku ini dipercaya bisa memberikan dampak lega karena badan Anda melepas hormon pemicu depresi dan berbagai jenis toksin yang menyertainya. Rasa lega yang muncul akhirnya dapat menurunkan efek stres dan kekhawatiran. Berikut keuntungan buat mereka yang mudah menangis.

Tidak berhenti sampai disana, menangis terkait dengan peranan manusia sebagai makhluk sosial. Tingkah laku ini memunculkan empati pada beberapa orang di sekitar Anda, terutama mereka yang memiliki jalinan baik dengan Anda.
Kenapa ada beberapa orang yang mudah menangis?

Beberapa orang yang sering menangis mungkin akrab dengan hinaan ‘cengeng’. Walau sebenarnya, menangis tidak membuat Anda jadi orang yang lemah. Tingkah laku ini sebenarnya tunjukkan jika Anda memiliki mental yang kuat.

Menangis merupakan proses perlindungan diri saat Anda mengalami emosi yang membludak. Bila emosi tersendiri membuat Anda menangis, artinya Anda dapat menemukan cara yang sehat untuk mengutarakan emosi itu.

Anda yang mudah menangis bukan beberapa orang yang selalu bersedih. Sebaliknya, Anda justru lebih sehat, bahagia, dan dapat mengerti diri kita. Anda berani ‘berkomunikasi’ melalui tangisan, dan jujur pada diri kita dan orang.

Bahkan juga, cenderung untuk menangis memberikan sejumlah faedah. Salah satunya, menguatkan jalinan dengan orang, percepat pemulihan diri, dan membuat Anda lebih sehat dari sisi fisik atau psikologis.
Lalu, bagaimana dengan orang yang tidak mudah menangis?

Ketidakmampuan untuk menangis merupakan satu hal yang lumrah. Tetapi, keadaan ini dapat juga jadi tanda dari stres melankolik. Ditambah lagi jika ketidakmampuan untuk menangis sudah berjalan dalam tempo lama atau merubah kehidupan Anda.

Arti ‘melankolis’ seringkali digunakan untuk menggambarkan beberapa orang yang peka dan mudah menangis. Karl Jaspers, seorang ahli dalam bidang masalah mental, justru memberikan pengertian yang dikit berlainan.

Menurut dia, beberapa orang melankolis tidak mengerti apa yang mereka rasakan. Mereka seakan memiliki dinding yang batasi dirinya dari luapan emosi. Dinding ini membuat mereka tidak dapat mengetahui, atau sekadar merasakan emosi.

Tidak mudah menangis bukan tanda jika Anda ialah orang yang kuat. Sebaliknya, hal ini justru bisa jadi berefek jelek buat kesehatan mental Anda. Terutama jika Anda selalu meredam diri dengan menyengaja supaya tidak menangis.

Menangislah saat Anda merasakan ingin melakukannya. Acuhkan asumsi salah yang mengatakan jika cuma orang lemah yang menangis. Meluapkan emosi dengan menangis ialah tingkah laku yang lumrah, bahkan bermanfaat untuk kesehatan mental Anda.  (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03