26 April 2024 - 05:01 5:01

Menko Puan: Sekolah Indonesia di Meksiko Bukti Nyata Persahabatan Kedua Negara

WartaPenaNews, Jakarta – Hubungan kerja sama Indonesia dan Meksiko kemudian semakin terbuka dan meningkat dalam berbagai bidang, termasuk kerja sama sosial budaya. Salah satunya yaitu pembukaan sekolah Meksiko bernama Indonesia dan sekolah Indonesia bernama Meksiko. Pada tahun 1959, Presiden Soekarno meresmikan sekolah dasar La Escuela Republica de Indonesia di Tacuba, Mexico City.

Mengawali rangkaian kunjungan kerja di Meksiko, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani mengunjungi sekolah Indonesia Meksiko (La Escuela Republica de Indonesia) di Tacuba, Mexico City. Dengan berdirinya Escuela de la Republica de Indonesia di Itzapalapa dan Colegio Indonesia di Coacalco dan Sekolah Dasar Republik Meksiko yang berada di Kebayoran Baru, Jakarta, menurutnya dapat menjadi bukti nyata tanda persahabatan kedua negara.

Pada kunjungannya ke sekolah dasar La Escuela Republica de Indonesia, Menko Puan sempat menghadiahkan buku Cerita Rakyat dan buku tentang Indonesia sebanyak 120 buku untuk dibagikan kepada tiga sekolah Indonesia yang ada di Meksiko. Selain itu, Menko PMK yang didampiingi Duta Besar dan jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia juga meresmikan ruang audio visual di sekolah tersebut. Ruangan ini merupakan sumbangan dari beberapa anggota DPR RI yag pernah berkunjung ke Mexico, beberapa waktu yang lalu.

“Kami berharap sekolah ini mampu menjadi gudang informasi para siswa yang memiliki rasa ingin tahu tentang Indonesia,” ujar Menko Puan. Menko Puan juga mengusulkan pengiriman guru BIPA (Bahasa Asing bagi Penutur Asing) ke ketiga sekolah Meksiko bernama Indonesia. “Agar para guru dan siswa bisa berbahasa Indonesia dan kelak semakin tertarik mengenal jauh negeri indah di katulistiwa ini,” tandasnya.

Menko Puan juga sangat mengapreasiasi kepala sekolah, pengurus sekolah dan para guru La Escuela Republica de Indonesia di Tacuba, Escuela de la Republica de Indonesia di Itzapalapa dan Colegio Indonesia di Coacalco yang senantiasa mempertahankan persahabatan kedua negara yang diwujudkan melalui kegiatan pendidikan dan kebudayaan. (srv)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03