29 March 2024 - 13:37 13:37

Mesir Tersingkir, Hubungan Salah dengan EFA Memanas

WartaPenaNews, Jakarta – Babak 16 besar Piala Afrika 2019 benar-benar sarat kejutan. Tuan rumah sekaligus tim tersukses (7 gelar) Mesir dan juara bertahan Kamerun dipaksa angkat koper. Mesir disingkirkan Afrika Selatan 0-1, sedangkan Kamerun juga menyerah dengan kekalahan tipis 2-3 oleh Nigeria.

Tentu saja, hal tersebut sangat membuat bintang Mesir, Mohamed Salah terpukul. Kegagalan kemarin membuatnya semakin lama menunggu trofi pertama bagi The Pharaohs sejak debut pada 2011. Padahal, sebelum bintang Liverpool itu masuk skuad, Mesir hattrick kampiun Piala Afrika pada edisi 2006, 2008, dan 2010.

Lebih jauh, hal itu memperburuk hubungan pemain 27 tahun tersebut dengan EFA (Federasi Sepak Bola Mesir).

Itu dipicu dengan pembelaan Salah terhadap rekannya di Mesir, Amr Warda yang didepak dari skuad. Padahal, kesalahan Warda lumayan berat.

Gelandang serang yang membela klub Superleague Yunani, Atromitos, itu terbukti melakukan pelecehan seksual kepada banyak perempuan melalui media sosial.

Hal itu terkuak setelah beberapa perempuan yang mengaku sebagai korban Warda mengunggah screen capture percakapannya dengan pemain 25 tahun tersebut.

’’Saya percaya bahwa banyak orang yang melakukan kesalahan dapat berubah menjadi lebih baik,’’ bunyi cuitan dukungan Salah terhadap Warda. ’’Selalu ada kesempatan kedua dan kami mendukung Amr Warda,’’ lanjut bintang Liverpool tersebut.

Dukungan tersebut jelas-jelas berseberangan dengan ’’kampanye’’ yang disuarakan Salah sebelumnya. Seperti dilansir Time, Salah kencang bersuara tentang bagaimana menghormati seorang perempuan.

Salah, tampaknya, ingin memerangi status Mesir sebagai negara dengan nominal terburuk dalam hal pelecehan seksual. Berdasar survei PBB pada 2013, tercatat 99 persen perempuan Mesir telah mengalami pelecehan seksual. Baik fisik maupun verbal.

Sontak, tidak sedikit yang mengecam Salah. Tapi, dukungan kepadanya juga sangat banyak. ’’Dia (Salah) adalah Tuhan di Mesir secara harfiah. Dia tidak bisa berbuat salah. Anda tahu bagaimana suporter sepak bola,’’ sindir model Inggris-Mesir Merhan Keller. (*/dbs)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03