29 March 2024 - 03:22 3:22

Momen-Momen Unik Peringatan HUT ke-74 RI

WartaPenaNews, Jakarta – 17 Agustus ialah tanggal bersejarah buat semua rakyat Indonesia. Bukan tanpa alasan, tanggal ini sebagai pemberi tanda tonggak sejarah baru bangsa Indonesia. Tonggak pengalihan dari bangsa yang terkungkung dalam penjajahan jadi bangsa merdeka.

Tiap tanggal 17 Agustus juga, semua bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaan Indonesia.

Perayaan Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia biasanya dilakukan dengan simbol-simbol heroisme dan upacara bendera. Tidak lupa berbagai perlombaan yang mempertajam kerja sama dan kekompakan.

Walau demikian, ada banyak faksi yang menyengaja merayakan kemerdekaan Indonesia dengan cara-cara yang unik dan lain daripada biasanya. Tersebut perayaan perayaan unik yang dikumpulkan Liputan6.com:

Nikah Massal

Biasanya peringatan Hari Kemerdekaan RI dirayakan warga dengan berbagai lomba, mulai dari makan kerupuk sampai panjat pinang. Tetapi kesempatan ini ada yang merayakannya dengan cara berlainan. Seputar 50 pasangan mulai dari umur 18 tahun sampai 40-an tahun mengikat janji setia dalam pernikahan pada 17 Agustus 2019.

Beberapa pasangan yang melakukan nikah massal hari itu beberapa salah satunya sudah menikah siri tetapi belum memiliki peluang melegalkan pernikahannya. Kesempatan kali ini mereka pergunakan untuk kukuhkan jalinan sesuai undang-undang pernikahan yang berlaku.

Pernikahan massal 50 pasangan yang diselenggarakan di lapangan PTC Mall ini merupakan pucuk acara Kondangan Tentu Resmi yang diinisiasi oleh DKT Indonesia melalui Kondom Sutra dan Jagoan Kontrasepsi. Program ini bertujuan mengedukasi pasangan, terutama pasangan muda, tentang utamanya kesehatan reproduksi sebelum menikah.

Merek Manajer Sutra Daniel Tirta mengatakan, kualitas kesehatan reproduksi penting buat keselarasan rumah tangga.

“Edukasi tentang kesehatan reporduksi perlu diberi pada calon pengantin karena banyak rumah tangga rusak karena permasalahan ini,” papar Daniel, Sabtu (17/8/2019) di Palembang.

Sebelum jalani prosesi nikah massal, ke-50 pasangan itu mendapatkan edukasi sekitar kesehatan reproduksi dan perencanaan kehamilan. Serta seperti pesta pernikahan, program Kondangan Tentu Resmi menyediakan hiburan musik buat warga sekitar pada petang harinya.

“Baiknya acara pernikahan ada hiburannya. Jadi untuk panggung hiburannya, ada panggung musik dengan artis seperti Armada, Nita Thalia, dan Ganda Biduan,” tutur PR Manajer DKT Indonesia Nurul Jannati.

Upacara Bendera di Resepsi Pernikahan

Bagaimana jadinya jika sepasang pengantin melakukan upacara bendera? Ya, hal ini dilakukan oleh sepasang pengantin di Kebumen yang videonya sedang viral belakangan ini. Satu video yang diupload oleh akun @lambe_turah sukses menarik perhatian warganet.

Pada video itu kelihatan mempelai wanita yang mengenakan gaun berwarna putih bertindak sebagai pengibar bendera sementara mempelai pria bekerja menarik bendera. Tidak itu saja, kelihatan juga seorang pemimpin upacara inspektur upacara sampai gabungan suara yang dilakukan oleh tamu yang ada.

Pada video itu kelihatan kedua mempelai mengibarkan bendera, sementara semua tamu yang ada melakukan hormat pada sang merah putih sekalian disertai lagu Indonesia Raya. Tiang bendera sendiri dipasang tepat di muka panggung pelaminan.

Pengemudi Ojol Ziarah ke Makam Pahlawan

Beberapa driver ojek online (Ojol) yang terhimpun dalam anggota gojek di Surabaya, Jawa Timur, ikut terjebak dalam perayaan Hari Lagi Tahun (HUT) Ke-74 Republik Indonesia.

Beberapa driver ojek online menggelar upacara kemerdekaan sampai berziarah ke makam Bung Tomo. Beberapa driver ojol memulai aksinya itu dengan menggelar upacara bendera di kantor operasional gojek, yang berada di jalan Ngagel Surabaya.

Seterusnya para driver itu menggelar konvoi ke arah makam Bung Tomo. Selanjutnya meneruskan konvoi ke arah GOR Kodam V Brawijaya.

VP Corporate Affairs Gojek, Michael Say menjelaskan, melalui kemitraan yang sudah tersambung, gojek dan partner gojek jadi teladan sekaligus juga perintis layanan berbasiskan digital di Indonesia yang sudah menolong jutaan warga Indonesia mengakhiri permasalahan sehari-hari.

“Gojek akan terus bereksperimen untuk menggerakkan dan menginspirasi partner gojek naik kelas. Kami harap, makin banyak partner gojek yang bawa efek positif buat keluarga dan lingkungannya masing-masing,” katanya, Sabtu (17/8/2019).

Upacara di Kali

Beberapa ratus masyarakat dari sekitar kali Gandegan nekat menggelar upacara bendera memperingati HUT ke 74 Kemerdekaan ditengah-tengah selokan atau aliran air. Upacara ini diinisiasi masyarakat Kampung Malangan Kelurahan Tidar Utara Kota Magelang.

Upacara bukan dikarenakan tiadanya tempat yang lebih patut, tetapi memang menyengaja pilih tempat itu karena masyarakat inginkan supaya Kali Gandekan selalu bersih.

“Upacara bendera ini memang inspirasi dari warga dan merupakan kepedulian warga pada kebersihan lingkungan, terutamanya sungai,” kata Handini Rahayu, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Pemerintah Kota Magelang pada Liputan6.com, Sabtu (17/08/2019).

Bermula dari kisah sukses penyelesaian masalah sanitasi lingkungan oleh Dinas Perkim, Dinas Kesehatan, kelurahan, dan kecamatan dengan pembangunan instalasi skema pemrosesan air sampah domestik ditempat (SPAL -DS). Dengan pembangunan itu, sanitasi masyarakat yang awalnya dibuang ke sungai, bisa diproses dan tidak mencemari lingkungan.

Bahkan juga pada 2018, kampung Malangan mendapatkan penghargaan saat lomba hari habitat tingkat Propinsi Jawa Tengah. Penghargaan ini menyebabkan warga untuk jaga kebersihan kali Gandekan.

“Kenyataannya dapat untuk upacara dan tidak menjijikkan karena kotor. Warga yang ada sangat ketertarikan ikuti upacara bendera,” kata Handini. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03