20 April 2024 - 04:04 4:04

Nike Didesak Tarik Sepatu Bertuliskan Lafadz Allah

WartaPenaNews, Jakarta – Lebih dari 33.000 orang telah menandatangani petisi daring mendesak Nike menarik sepatu Air Max, setelah muncul klaim sol pada sepatu ini ‘ada tulisan Allah dalam huruf Arab’.

Petisi di situs change.org tersebut diajukan oleh Saiqa Noreen yang mengatakan logo Air Max mirip dengan tulisan Allah dalam bahasa Arab. “Tulisan itu ditempatkan pada bagian bawah, tentu saja tulisan ini akan diinjak dan terkena tanah bahkan kotoran,” kata Noreen.

“Ini memalukan dan menjadikan prihatin bagaimana Nike membolehkan nama Tuhan ada pada sol sepatu ini menghina Muslim dan Islam. Islam mengajarkan kebaikan dan keadilan bagi semuanya,” tambahnya.

Noreen mendesak, Nike sesegera mungkin menarik sepatu ini secara global, karena desain yang ia katakan ‘menista agama’.

Ia juga meminta Nike untuk lebih berhati-hati dan melakukan pengawasan secara ketat sebelum meluncurkan produk ke pasar.

Menanggapi protes ini, Nike mengeluarkan pernyataan bahwa desain yang mirip dengan tulisan Allah tersebut, semata-mata kebetulan. “Nike menghormati semua agama dan kami menganggap masalah ini sangat serius,” kata Nike dalam satu pernyataan tertulis.

Disebutkan pula bahwa Logo AIR MAX dirancang sedemikian rupa untuk mencerminkan merek dagang Nike Air Max. “Hanya diniatkan untuk mencerminklan merek AIR MAX,” kata Nike seraya menambahkan tidak ada niat lain di luar keinginan untuk menekankan desain AIR MAX pada sol sepatu.

Ini bukan pertama kalinya Nike disorot gara-gara desain yang dikatakan mirip dengan tulisan Allah dalam huruf Arab. Produsen peralatan olahraga ini menghadapi masalah serupa pada 1997, yang memaksa mereka menarik tak kurang dari 38.000 pasang sepatu di seluruh dunia. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03