20 April 2024 - 00:37 0:37

Pakar ICMI: Kalangan non-Muslim Ikut Dukung Hukum Potong Tangan Bagi Koruptor

WartaPenaNews, Jakarta – Dewan Pakar ICMI Pusat Anton T Digdoyo mendukung wacana penerapan hukum potong tangan bagi para koruptor. Ia menilai hukuman akan membuat para koruptor jera dan efektif mengurangi praktik korupsi yang semakin menjadi-jadi di Indonesia.

“Kenapa usul koruptor potong tangan jadi ribut?. Sedang usul hukuman mati saja tidak ribut? Apalagi yang ribut malah yang ngaku muslim pengurus MUI?! Aneh to,” kata Anton dalam keterangannya, Kamis (3/1/2019).

Menurutnya, wacana usulan agar para pencuri uang negara itu dipotong tangannya bukan hanya berasal dari masyarakat muslim, tetapi juga disuarakan oleh banyak tokoh non musim.

“Mereka usul agar diberlakukan hukum potong tangan bagi koruptor dengan alasan pasti efektif untuk basmi korupsi yang makin meggila. Mereka (non-muslim) bilang hukum Islam lebih efektif,” ujar Anton.

Ia merasa heran jika ada orang Islam yang justru menentang usulan tersebut dengan berbagai alasan, salah satunya tidak boleh mengganti sistem hukum yang selama ini dianut Indonesia.

Mana undang-undang yang yg melarang? Ganti UUD saja boleh ko, bahkan diatur dalam UUD juga. Kesepakatn mufakat. Hanya (hukum) agama yang mutlak tidak boleh diubah, apalagi diganti,” tegas mantan jendral polri yang kini aktif berdakwah. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03