26 April 2024 - 18:06 18:06

Parlemen India Larang Warga Muslim Ceraikan Istri Talak Tiga

WartaPenaNews, Jakarta - Parlemen India sudah loloskan UU yang melarang pria Muslim untuk menceraikan istrinya dengan cara yang dikenal dengan nama talak tiga.

Tetapi UU ini mendapatkan reaksi dari golongan Muslim disana sebagai terlibat pemerintah dalam masalah kemasyarakatan.

Pemerintahan India yang saat ini dikuasai oleh Partai BJP yang berhaluan nasionalis Hindu dengan pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi sudah lama ingin melarang praktik perceraian talak tiga ini dimana seorang suami dapat menceraikan istrinya dengan mengatakan talak tiga kali.

Sesudah UU ini diloloskan di Majelis Tinggi Parlemen hari Selasa (30/7/2019), yang saat ini dibutuhkan hanya tanda tangan dari Presiden sebelum sah jadi peraturan.

Majelis Rendah parlemen India minggu lalu sudah menyepakati RUU itu yang menyatakan jika mereka yang melakukan talak tiga dapat dikenai tindak pidana.

India salah satu dari beberapa negara di dunia yang selama ini masih biarkan praktik perceraian talak tiga itu berlaku.

Beberapa kelompok Muslim India sudah mengatakan jika praktik talak tiga ini ialah hal yang salah, tetapi mengatakan apa hal tersebut harus dilarang atau tidak semestinya dilakukan oleh pemimpin warga dan bukanlah pemerintah.

Beberapa penentang pemerintah sudah lama mennuduh jika BJP bersika bias pada masyarakat Muslim yang merupakan minonitas di India dan BJP menyanggah dakwaan itu.

Di India, sekitar 170 juta penduduknya ialah Muslim dengan sejumlah besar berpedoman memahami Sunni.

Lebih dari 20 negara termasuk dua tetanggan India, Pakistan dan Bangladesh sudah melarang praktik cerai talak tiga itu. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

01
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

02
|
26 April 2024 - 10:13
Warga Kalimantan Enggan Jual Tanahnya untuk Pembangunan IKN

WARTAPENANEWS.COM –  Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan salah satu tantangan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah masalah tanah. Sebab masih ada sebagian warga Kaimantan yang

03