24 April 2024 - 02:22 2:22

Penderita Maag Boleh Berpuasa, Asal…

WartaPenaNews, Jakarta – Maag atau radang lambung merupakan gejala penyakit yang menyerang di bagian lambung. Salah satu sebab yang umumnya terjadi, karena penderita seringkali memiliki pola makan yang tidak teratur.

Lantas bagaimana jika bulan Ramadan? Bisakah penderita maag menjalankan puasa penuh?

Dokter Spesialis Urologi, Muhammad Fadhil Ardiyansyah mengatakan, menderita maag, sejatinya bisa melakukan puasa pada bulan Ramadan secara penuh. Puasa bagi para penderita maag tidak ada bedanya dengan orang yang tidak menderita penyakt tersebut.

“Perlu dipahami bahwa tidak ada masalah bagi penderita maag untuk menjalani ibadah puasa,” ujar Fadhli di alodokter belum lama ini.

Ia menjelaskan, umumnya, maag terbagi dua, fungsional dan maag organic. Diagnosis keduanya, dapat ditegakkan melalui pemeriksaan teropong lambung atau endoskopi.

Pada kasus maag fungsional, lanjutnya, maka tidak akan ditemukan kelainan pada lambung. Adapun pada maag kronis maka melalui endoskopiakan ditemukan kelainan pada lambung, dapat berupa luka atau tukak.

Pada penderita maang fungsional, seringkali ketika menjalani puasa keluhannya jauh berkurang. Kondisi ini terjadi karena gaya hidup penderita maag fungsional yang sehari-harinya biasa mengonsumsi makanan berlemak, pedas, asam, dsb, pada saat puasa kebiasaan ini ditekan sehingga gejala maagnya pun berkurang, papar Dokter yang berkerja di Rumah Sakit Siloam Balikpapan ini.

“Lain halnya dengan maag organik, maka kelainan organiknya perlu ditangani terlebih dahulu lalu, setelah itu baru bisa berpuasa seperti biasa,” sambungnya.

Fadli menyarankan, bagi penderita maag fungsional maupun organic agar sebaiknya melakukan pengobatan jauh sebelum memasuki bulan puasa. Ini bertujuan agar hasilnya lebih maksimal dan tidak menganggu ibadah puasa yang sedang dijalani.

Ketika berpuasa pun obat tetap dapat diminum yaitu ketika sahur dan berbuka. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa tidak ada masalah bagi penderita maag untuk berpuasa, selama mengikuti anjuran dokter dengan baik. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03