29 March 2024 - 02:09 2:09

Pengamat: Ini 5 Syarat yang Harus Dipenuhi Pemprov DKI Membangun Jalur Khusus Sepeda

Jakarta, WartaPenaNews.com – Pengamat transportasi Djoko Setijowarno mengatakan ada lima syarat yang harus dipenuhi terkait rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang ingin menyediakan infrastruktur sepeda di sejumlah ruas jalan. Kelima syarat itu, menarik, berkeselamatan, koherensi, nyaman dan tidak terputus.

“Menarik, yaitu lingkungan sekeliling dirancang menarik, sehingga bisa menimbulkan daya tarik estetika secara prositif. Kedua, memperhatikan aspek keselamatan, fasilitas harus menghasilkan lebih sedikit risiko kecelakaan lalu lintas dan ketiga koherensi, yakni pengguna harus dapat mengakses jalan mereka dengan mudah,” jelas Djoko yang juga Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat, Minggu (29/9/2019).

Selanjutnya, kata Djoko, kenyamanan, fasilitas memiliki kondisi yang membuat perjalanan lebih nyaman dan terakhir tidak terputus, fasilitas yang disediakan bagi pengguna harus memenuhi kebutuhan akan rute langsung ke tujuan.

Menurut akademisi Program studi Teknik Sipil Unika Soegijapranata ini rancangan jalur sepeda sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 03/PRT/M/2014 tentang Pedoman Perencanaan, Penyediaan, dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan. Di mana dalam aturan tersebut menyebutkan lebar badan jalan minimal 5 meter yang digunakan untuk bersepeda memiliki lebar maksimal 3 meter.

“Bila kecepatan minimum yang diinginkan melebihi 20 kilometer per jam, maka lebar jalur bersepeda dapat diperlebar 0,6 meter hingga 1.0 meter dengan tidak mengganggu sirkulasi pejalan kaki,” sambung Djoko.

Selain faktor diatas, Dia mengatakan jaringan fasilitas pesepeda juga harus memberikan kemudahan mengakses halte atau stasiun transportasi umum, sehingga mobilitas para pengguna transportasi umum terasa nyaman dan efisien.

“Wajib disediakan fasilitas parkir sepeda di kantor, sekolah, tempat ibadah, rekreasi, pusat perbelanjaan, pasar, stasiun, permukiman,” katanya.

Dia menambahkan, jalur sepeda dapat dikatakan berhasil dan bermanfaat, jika orang tua bisa merasa nyaman melepaskan anak-anaknya bersepeda di jalan umum. Dan pembangunan ibukota negara baru juga harus mengakomodir kepentingan pesepeda. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03