26 April 2024 - 03:21 3:21

Pengangkatan Wamen Disebut Bagi-bagi Jatah Jabatan

WartaPenaNews, Jakarta – Presiden Joko Widodo telah mengangkat 12 wakil menteri (Wamen) di berbagai kementerian pada Kabinet Indonesia Maju.

Pengangkatan wamen ini dianggap bagian dari bagi-bagi jatah jabatan. “Dari sisi negatif bisa saja posisi wakil menteri merupakan bagian dari bagi bagi jatah jabatan,” kata Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Bila melihat dari sisi positifnya jabatan Wamen ini bisa mempercepat penanganan masalah yang ada di setiap kementerian.

Jazilul menilai adanya Wamen yang bukan dari kalangan Profesional bukan berarti posisi Wamen hanya untuk bagi bagi jatah jabatan saja. Dia menganggap Wamen yang bukan berasal dari profesional, sangatlah wajar karena merupakan jabatan politik.

“Jabatan politik itu tidak mengenal unsurnya dari mana. Wakil menteri itu posisi politik. Enggak usah ditanya sumbernya dari mana yang penting bisa mengerjakan dan mengatasi, menangani masalah yang ada di kementeriannya,” katanya.

Jazilul mengatakan bahwa PKB mendukung kebijakan Jokowi yang menunjuk Wakil Menteri di sejumlah kementerian sepanjang tujuannya untuk mempercepat program serta terlaksananya visi misi pembangunan.

“Sepanjang itu memberikan kemaslahatan, mempercepat kemamkmuran, PKB dukung. PKB kan mendukung pak Jokowi, tentu keputusannya didukung,” pungkasnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin melantik 12 Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 72 M Tahun 2019 tentang Pengangkatan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Berikut susunan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju yang telah resmi dilantik. (rob)

1. Wakil Menteri Luar Negeri: Mahendra Siregar
2. Wakil Menteri Pertahanan: Wahyu Sakti Trenggono
3. Wakil Menteri Agama: Zainut Tauhid Sa’adi
4. Wakil Menteri Keuangan: Suahasil Nazara
5. Wakil Menteri Perdagangan: Jerry Sambuaga
6. Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat: John Wempi Wetimpo
7. Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Alue Dohong
8. Wakil Menteri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi: Budi Arie Setiadi
9. Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala BPN: Surya Tjandra
10. Wakil Menteri BUMN: Kartika Wirjoatmodjo
11. Wakil Menteri BUMN: Budi Gunadi Sadikin
12. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Angela Tanoesoedibjo.

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03