29 March 2024 - 20:39 20:39

Pengembangan Nasabah Klaster Batik Bank Wakaf Mikro pada Hari Batik Nasional 2019

WartaPenaNews, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan terus mendorong kemajuan usaha produktif nasabah Bank Wakaf Mikro(BWM) yang hingga September 2019 telah mencapai 53 BWM di 16 Provinsi dan telah menyalurkanpembiayaansebanyakRp 27,7 miliarkepada 21.557 nasabah.

Dalam perayaan Hari Batik Nasional (HBN) 2019 yang dihadiri Presiden Joko Widodo di Istana Mangkunegaran Surakarta, OJK turutmenghadirkandua BWM yang telah mengembangkan klastern asabahpembatik, yaitu BWM AlmunaBerkahMandiriBantulDIY dan BWM Bankwakaf Imam Syuhodo Sukoharjo Surakarta sebagai wujud nyata industri jasakeuangan mendukung pelestarian batik sebagaiproduk Nusantara.

Padakegiatan HBN 2019, OJK jugamenghadirkan 130 nasabahpembatik BWM Almuna Berkah Mandiri Bantul, 23 nasabah pembatik BWM Bank wakaf Imam Syuhodo, 8 pengurus dan pengelola BWM, serta 8 pimpinanpondokpesantren, dariPesantren Al MunawwirKrapyak, Pesantren Imam Syuhodo, Pesantren Al MuttaqienPancasilaSakti dan Pesantren Al ManshurPopongan.

Sebagai upayamengembangkannasabahklaster batik BWM, dalam HBN 2019 ini OJK telahmemfasilitasidiadakannyapenandatanganan nota kesepahamanantaraYayasan Batik Indonesia (YBI) dengan BWM Bankwakaf Imam SyuhodoSukoharjo dan BWM AlmunaBerkahMandiriBantuluntukmembangunsinergidalampembiayaan dan pengembanganklaster batik BWM.

Nota kesepahamandiinisiasisebagailandasanantara YBI dan BWM dalambekerjasama dan bersinergiuntukmeningkatkandayasaing dan kompetensinasabahpembatikbinaan BWM dalamkerangkapembinaan dan pemberdayaanmasyarakat, dalamruanglingkup:

a. Pembinaan dan pemberdayaanmasyarakatpembatik,

b. Penyaluranpembiayaandari BWM kepadamasyarakatpembatik di cakupanwilayahusaha BWM, serta

c. Penampungan, pemasaran dan pendistribusianprodukmasyarakatpembatiknasabahbinaan BWM.
Nota kesepahamantersebutditandatanganiolehKetuaUmum YBI, JultinGinandjarKartasasmitadenganKetuaPengurus BWM AlmunaBerkahMandiri, Eni Kartika Sari dan KetuaPengurus BWM Bankwakaf Imam Syuhodo, Agus Susilo.
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, penandatanganan Nota Kesepahaman tersebutdilakukanuntuk membangunkerjasamapembinaan dan pengembanganmasyarakatperajin batik sehinggamenjadibentuksinergipembiayaan dan pengembangannasabahklaster batik binaan BWM.

“Melalui kerjasa mainidi harapkan dapat memberikaninsentifpendapatanbagi para perajin batik agar tetapdapatmenjalankanusahamikroproduktif dan turutmelestarikan budaya membatik di TanahAir, dengan membuka akses pembiayaanmikro yang murahmelaluiskema BWM,” kata Wimboh.

Dalam kesempatan itu, Wimboh secara simbolik menyerahkan dana pembiayaan kepada 3 nasabah Bank Wakaf Mikro, yaitu Suparmi, nasabah BWM Bankwakaf Imam Syuhodo Sukoharjo, klaster pembatik tulis, pembiayaan Rp2 juta. Siti Yuringah, BWM Almuna Berkah Mandiri Bantul, Klaster Pembatik Tulis Klasik Nitik, nilai Rp1 juta. Zuni Widiastuti, BWM Almuna Berkah Mandiri Bantul, Klaster Pembatik Tulis Klasik Jawa, nilai pembiayaan Rp2 juta. (srv)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03