20 April 2024 - 12:49 12:49

Pungli PTSL Makin subur di Kota Tangerang

WartaPenaNews, Tangerang – Praktek pungutan liar (pungli) marak terjadi dalam program Pedaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) yang menjadi program unggulan Presiden Jokowi.

Setelah terjadi di Kota Tangerang Selatan, kini praktek itu bergesern ke Kota Tangerang dimana banyak warga di Kelurahan Sudimara Barat dikenakan biaya sebesar Rp6 juta. Tindakan itu diduga dilakukan secara sistematis dengan melibatkan oknum pemerintah kota dan sejumlah oknum RT/RW, Kelurahan dan BPN.

“Praktek ini seolah menjadi ladang korupsi yang diduga dilakukan oleh seluruh Panitia yang terlibat untuk melakukan penyimpangan berupa pungli kepada masyarakat dengan nilai fantastis hal tersebut tentu tidak sesuai aturan,” kata Koordinator Advokasi & Investigasi TRUTH Jupry Nugroho dalam keterangannya kepada WartaPenaNews.com, Senin (8/4/2019).

Untuk itu pihaknya mendesak kepada Walikota Kota Tangerang Arif Wismansyah dan Wakil Walikota Sachrudin mengambil tindakan tegas jika terbukti ada bawahannya yang melakukan pungli terkait PTSL.

“Jangan seolah menutup mata agar terlihat semuanya tidak pernah ada masalah namun pada faktanya banyak masyarakat menjerit karena pungli yang semakin tidak terkendali,” pungkasnya.

Berdasarkan SKB Tiga Menteri Nomor: 25/SKB/V/2017, Nomor: 590-3167A Tahun 2017, Nomor: 34 Tahun 2017 tentang Pembiayaan Persiapan Pendaftaran Tanah Sistematis. Adapun biaya Rp150 ribu/bidang yang dimaksudkan untuk pembelian patok 3 buah, materai 1 lembar dan adminitrasi serta transportasi petugas panitia. Biaya tergantung daerah, di Jawa sekitar Rp150 ribu-Rp250 ribu, luar Jawa batas maksimal sekitar Rp350 ribu/bidang. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03