29 March 2024 - 07:16 7:16

RSUD Tulungagung Raih Penghargaan Dunia atas Layanan Publiknya

WartaPenaNews, Jakarta – Gubernur Jawa Timur (Jawa timur) Khofifah Indar Parawansa menghargai atas penghargaan pada RSUD dr Iskak Tulungagung dalam Komunitas International Hospital Federation Congress and Award ke-43 yang diselenggarakan di Oman pada Jumat, 8 November 2019 waktu Oman.

Dia menyampaikan hal tersebut melalui instagramnya @khofifah.ip, dicatat Selasa (12/11/2019). “Selamat dan bangga atas karunia gold award for hospital social responsibility pada RSUD dr Iskak Tulungagung dalam komunitas International Hospital Federation Congress and Award ke-43 yang diselenggarakan di Oman Jumat, 8 November 2019 waktu Oman,” catat ia.

Khofifah menjelaskan, pernyataan dunia ini meningkatkan komplet prestasi sebelumnya. RSUD dr Iskak Tulungagung menjadi rumah sakit pemerintah paling mandiri di Indonesia dengan biaya revovery rate mencapai 87 persen (2018).

“Mudah-mudahan rumah sakit lain di Jawa Timur dapat ikuti jejak sukses RSUD dr Iskak Tulungagung. Satu kali lagi selamat, Jawa Timur berbahagia dan bangga. Selamat dan sukses Tulungagung,” katanya.

Mencuplik Di antara, International Hospital Federation (IHF) melantik RSUD dr Iskak Tulungagung yang sebagai wakil Indonesia sebagai rumah sakit paling baik dunia dalam soal penyelenggaraan layanan publik (corporate social responsibility).

Humas RSUD dr Iskak, Mochammad Rifai menjelaskan, karunia gold award for hospital social responsibility dipublikasikan dalam komunitas International Hospital Federation Congress and Award ke-43 yang diselenggarakan di Oman, Uni Emirat Arab Jumat, 8 November jam 11.00 waktu Oman/UEA.

Piagam penghargaan dunia itu diterima langsung oleh Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung, dr. Supriyanto Dharmoredjo, Sp.B, FINACS, M.Kes yang secara spesial diundang dalam Kongres Federasi Rumah Sakit se-Dunia atau International Hospital Federation (IHF) itu di Muscat, Oman, Uni Emirat Arab (UEA) pada 6-9 November 2019.

Penyerahan penghargaan itu disaksikan oleh perwakilan direktur rumah sakit dari penjuru dunia yang ada. Ia mengatakan RSUD dr Iskak Tulungagung terima penghargaan Gold Award, sebagai rumah sakit paling baik untuk kelompok “IHF/Bionexo Excellence Award for Corporate Social Responsibility”.

Tim penilai IHF tempatkan RSUD dr Iskak Tulungagung di atas Instansi Kesehatan Dubai (Dubai Health Authority/UEA) yang mendapatkan Silver Award dalam komunitas itu, atau empat favorit lain untuk kelompok yang sama.

RSUD dr Iskak Tulungagung ditetapkan sebagai juara umum karena pengembangan di bidang manajemen penyelenggaran layanan publik, yaitu “The New Concept Hospital Management combined with PSC”.

Bendera merah putih dikibarkan rombongan team manajemen RSUD dr Iskak Tulungagung dan sejumlah peserta yang ada dalam komunitas Kongres dan penghargaan IHF 2019 itu.

Mencuplik laman sah IHF di http://worldhospitalcongress.org, ada enam rumah sakit dari lima negara berlainan yang jadi calon penerima penghargaan rumah sakit paling baik untuk kelompok “IHF/Bionexo Excellence Award for Corporate Social Responsibility”. Tidak hanya RSUD dr Iskak Tulungagung dari Indonesia, ada Aster DM Healthcare dan Dubai Health Authority dari Uni Emirat Arab (UEA), Auna dari Peru, KPJ Pasir Gudang Specialist Hospital dari Malaysia, dan Manila Doctors Hospital dari Pilipina.

“Ini merupakan pencapaian mengagumkan dan benar-benar membanggakan buat RSUD dr Iskak untuk ke arah harapan rumah sakit yang ‘go’internasional,” kata dr. Supriyanto memulai pidato sambutannya di komunitas IHF Congress and Award ke-43 di Muschat,Oman, UEA.

Kata Dokter Pri, demikian dr Supriyanto biasa dipanggil, penghargaan ini jadi pernyataan internasional pada ide baru manajemen perumahsakitan di RSUD dr Iskak Tulungagung yang digabungkan dengan pengembangan layanan PSC (Public Service Centre).

Pengembangan RSUD dr Iskak Tulungagung

Pengembangan berikut memicu penyelenggaraan perumahsakitan murah dan berkualitas, dan dapat layani 85 persen pasien BPJS di wilayah Propinsi Jawa Timur sisi barat sejak 2016.

Manajemen perumahsakitan efisien dan efektif itu juga yang membuat lembaga kesehatan plat merah punya Pemkab Tulungagung ini hampir tak tergoyahkan walau klaim pembayaran atas pertanggungan layanan kesehatan buat pasien BPJS Kesehatan tertunggak sampai berbulan-bulan.

Service medis mereka tetap sempurna. Kesehatan dan kesembuhan pasien jadi prioritas team medis RSUD dr Iskak.

Kombinasi “New Concept Management Hospital” dengan program PSC itu sudah menghantarkan RSUD dr. Iskak Tulungagung ini jadi salah satunya rumah sakit pilihan warga dengan index kenikmatan warga 83,05 pada 2018.

Diluar itu, RSUD dr Iskak mencatat diri sebagai rumah sakit pemerintah paling mandiri di Indonesia dengan “biaya recovery rate mencapai 87 persen (2018).

“Semua dapat kami kerjakan karena dukungan berarti dari Pemerintah Wilayah dan Pusat. Tidak punyai hutang, dan tetap layani pasien tanpa diskriminasi dan gratis buat si miskin non-kartu sehat (non-BPJS),” kata dr Pri.

Walau dikukuhkan sebagai rumah sakit paling baik yang disadari dunia, Dokter Pri janji semua team medis dan manajemen RSUD dr Iskak Tulungagung tidak akan larut dalam eforia kebanggaan. Dia memperjelas jika penghargaan internasional itu justru akan jadi pelecut buat mereka untuk terus berbenah dan bereksperimen buat tingkatkan kualitas pelayanan pada warga.

“Insya Allah dengan adanya penghargaan internasional ini, tidak membuat kami merasakan tinggi hati, akan tetapi kami akan tetap tingkatkan kualitas pelayanan,” tutur ia. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 07:11
Rumah Kontrakan di Jatinegara Terbakar akibat Kompor Meledak

WARTAPENANEWS.COM - Sebuah rumah kontrakan seluas 3x10 meter di Jatinegara, terbakar saat Kamis sore ini (28/3/2024) menjelang waktu berbuka puasa. Rumah kontrakan tersebut terbakar lantaran penghuni rumah tengah memasak nasi,

01
|
29 March 2024 - 06:31
Oplos Pertalite Jadi Pertamax, Manajer-Pengelola SPBU Ditangkap Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Polisi mengungkap tindakan curang yang dilakukan di empat SPBU di Jakarta Barat, Kota Tangerang, dan Depok. SPBU itu mengoplos pertalite sehingga tampilannya seperti pertamax. Lalu dijual dengan harga

02
|
29 March 2024 - 06:10
16 Lintas Udara di Belgorod Hancur Usai Diserang Pertahanan Udara Rusia

WARTAPENANEWS.COM - Unit pertahanan udara Rusia pada Rabu (27/3/2024) menjatuhkan 16 sasaran lintas udara di sekitar kota Belgorod di Rusia selatan, tanpa ada korban luka yang dilaporkan di darat. Gubernur

03