18 April 2024 - 20:16 20:16

Sandiaga Minta Situng KPU Diaudit

WartaPenaNews, Jakarta-Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno menyoroti kasus kesalahan entri data dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU). Oleh karena itu Sandiaga meminta situng KPU diaudit.

“Jika misalnya tidak pada satu daerah sudah terlihat sistem data entri yang terpola salah memasukkan datanya ya harus ada evaluasi. Sistem audit namanya. Dan sistem audit itu harus dihentikan dahulu, apakah ini terpola sengaja atau memang human error,” ujar Sandiaga di kediamannya di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (4/5/2019).

Sandiaga menyebutkan, audit bisa dilakukan dengan waktu yang tidak terlalu lama. Dari hasil audit tersebut diharapkan dapat terlihat pola kesalahan entri data di Situng KPU.

“Ini yang harus dipastikan dan saya rasa itu enggak akan lama kok melakukan sistem audit, 2-3 hari. Tapi memastikan bahwa ini dilakukan dengan jujur adil dan kesalahan input data itu enggak terpola. Bukan berulang-ulang seperti itu,” ucap Sandiaga.

Selain menyoroti Situng KPU, mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini juga menyoroti sistem KPU terkait Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK). Menurutnya, dalam hal ini KPU tidak siap sehingga pihaknya harus melakukan pelaporan secara manual.

“Dari sistem pelaporan dana kampanye saja kelihatan kekacauan karena sudah tujuh kali di-upgrade. Setelah tujuh kali tetap saja tidak bisa mengonsolidasi laporan-laporan dari masing-masing provinsi. Akhirnya kita melakukan manual, pakai Excel Spreadsheet manual. Ini sama saja seperti 35 tahun lalu saat saya kuliah menyampaikan laporan keuangan. Padahal kita sudah jauh lebih maju,” katanya.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03