20 April 2024 - 14:56 14:56

Sembuhkan Amandel dengan 5 Cara Alami

WartaPenaNews, Jakarta – Tak pandang bulu, seringkali amandel menyerang siapa saja baik itu pria dan wanita mulai dari anak-anak hingga dewasa. Penyakit yang disebabkan oleh virus dan infeksi batkteri ini menyebabkan peradangan parah pada tenggorokan hingga tak jarang menyebabkan pembengkakan. Terkadang amandel bisa diobati secara mandiri di rumah, tetapi dalam beberapa kasus untuk menyembuhkan amande perlu penanganan khusus dari dokter, dengan cara operasi.

Untungnya, bagi para penderita amandel terutama jika amandel tersebut belum mencapai tahap yang parah, bisa diobati menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita. Apalagi jika amandel tersebut disebabkan oleh virus, maka pengobatan menggunakan bahan-bahan ini bisa dilakukan tanpa harus ke dokter. Nah, bahan apa sajakah itu?

JAHE MERAH

Jahe sudah dikenal luas memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Terkhusus untuk mengobati amandel, ambil jahe merah. Jahe merah memiliki khasiat anti peradangan, anti bakteri, dan anti virus. Untuk mendapatkan khasiat jahe merah ini tak sulit, cukup ambil beberapa buah jahe merah kemudian rebus menggunakan air mendidih. Air rebusan tersebut kemudian dicampur dengan dua sendok madu, kemudian minum dua kali sehari di pagi dan sore. Air rebusan jahe merah yang dicampur madu bisa membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan peradangan.

BAWANG PUTIH

Obat alami untuk mengobati amandel selanjutnya adalah bawang putih. Senyawa allicin yang terkandung dalam bawang putih sangat membantu bagi penderita amandel karena bersifat anti bakteri dan anti virus. Untuk penggunaannya sangat mudah, ambil satu siung bawah putih kupas kulitnya kemudian langsung dikunyah. Jika tidak kuat karena terlalu tajam, bawang putih bisa dicampur dalam menu masakan.

AIR GARAM

Larutan air garam juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengobati amandel. Larutan air garam mampu meringankan radang amandel hingga mengobati infeksi. Untuk membuat larutan air garam ini caranya sangat mudah yaitu ambil garam secukupnya kemudian larutkan di dalam segelas air hangat. Setelah itu gunakan air larutan garam tersebut untuk berkumur selama beberapa detik.

JAMBU BIJI

Jambu biji juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengobati amandel. Untuk menggunakannya, jambu biji bisa diolah menjadi jus atau dimakan secara langsung. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jambu biji akan meningkatkan daya tahan tubuh yang akan membantu proses penyembuhan radang amandel.

KUNYIT

Selain jahe merah, kunyit juga ampuh untuk mengobati penyakit amandel. Sifatnya yang antiinflamasi dan antiseptik alami sangat ampuh digunakan untuk mengobati penyakit amandel karena mampu membunuh bakteri penyebab radang amandel. Untuk menggunakan kunyit sebagai obat amandel, campurkan bubuk kunyit ke dalam segelas susu hangat, kemudian campurkan lada hitam secukupnya. Minumlah susu campuran kunyit dan lada hitam ini pada malam hari selama dua atau tiga hari. Dalam waktu tersebut radang amandel akan perlahan membaik.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan amandel. Jika penderita amandel masih anak-anak lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sehingga hasilnya bisa lebih maksimal. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03