Sepanjang 4 Tahun Telah Muncul 1.307 Startup di Indonesia

WartaPenaNews, Jakarta – Perkembangan startup di Indonesia tumbuh dengan signifikan. Sepanjang tahun 2015 hingga 2019 saja telah muncul 1.307 startup dan calon startup di tanah air. Secara rinci tercatat 749 startup kategori Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) dan 558 calon startup (calon perusahaan pemula berbasis teknologi/CPPBT).

Dari jumlah itu, sebanyak 13 tenant pemula berhasil mencapai omzet hingga Rp1 miliar per tahun dengan total keseluruhan senilai Rp102 miliar. Sementara total pendanaan untuk ke-13 startup tersebut sebesar Rp4,5 miliar.

“Sementara ada 17 startup yang tumbuh dengan omzet sebesar Rp500 juta hingga Rp1 miliar per tahun, dan 79 tenant dengan pendapatan Rp100 juta sampai Rp500 juta per tahun. Sedangkan total pendanaan 96 tenant ini sebesar Rp33,6 miliar,” beber Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir saat acara konfrensi pers “I3E Pameran Startup Teknologi dan Inovasi Industri Anak Negeri 2019” di Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Nasir menambahkan, ada sekitar 25 tenant sudah tak lagi berjalan dalam kurun waktu 4 tahun terakhir ini. Ada sejumlah faktor yang menyebabkan perusahaan berbasis teknologi ini terpaksa menutup usahanya. Berdasarkan hasil kajian, faktor kurangnya akses pemasaran menempati posisi teratas sebesar 22 persen. Selanjutnya, faktor tidak fokus dalam berusaha berada diurutan kedua sebesar 18 persen, disusul manajemen yang kurang baik sebesar 15 persen.

“Bagi startup yang mengalami kegagalan akan masuk inkubasi atau Technology Business Incubation Center. Kami akan meng-upgrade kembali agar mereka tak lagi menemukan kegagalan. Jadi supaya tidak mati. Kemudian yang sudah berjalan kita naikan,” kata Menristekdikti.

Ajang Pameran
Pada event startup teknologi tahun ini, selain akan memamerkan hasil-hasil inovasi juga akan melakukan kegiatan lainnya, seperti seminar bisnis dan teknologi, speed dating, talkshow bisnis, bisnis coaching, dan kompetisi ide teknologi.

Ajang pameran kelima kalinya ini akan melibatkan 396 peserta startup yang terdiri dari 248 startup PPBT, 130 CPPBT, 3 perusahaan startup lanjutan (PLBT), dan 15 inovasi industri.

Rencananya I3E Pameran Startup Teknologi dan Inovasi Industri Anak Negeri 2019 ini akan berlangsung di Hall B Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, mulai tanggal 3-6 Oktober 2019 dengan mengambil tema “Startup Teknologi dan Inovasi Industri Meningkatkan Daya Saing Bangsa”. (rob)

ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here