18 April 2024 - 09:03 9:03

Sering Gonta-ganti Sampo, Ini Efek Sampingnya

WartaPenaNews, Jakarta – Bukan perkara mudah memang untuk memilih sampo yang tepat. Terutama bagi mereka yang punya masalah tertentu dengan rambut. Tak sedikit orang yang gonta-ganti sampo hingga akhirnya menemukan yang tepat.

Reaksi bergonta-ganti sampo pada masing-masing orang akan berbeda. Ada yang tidak mengalami efek samping, namun ada juga yang mengalami efek samping seperti berikut:

1. Rambut menjadi mudah rontok
Sering berganti sampo bisa membuat rambut mudah rontok. Hal itu disebabkan oleh bahan kimia yang terdapat dalam sampo.

2. Gatal di kulit kepala
Bagi anda yang memiliki kulit kepala sensitif, bahan kimia di dalam sampo bisa membuat kulit kepala mudah gatal.

3. Rambut menjadi kering
Bahan kimia di dalam sampo, apabila tidak cocok pada Anda, akan membuat rambut menjadi lebih kering dan mudah patah.

4. Ketombe
Paparan bahan kimia di dalam sampo dapat membuat kulit kepala mudah terkelupas, dan kemungkinan terjadi ketombe jika tidak segera ditangani.

5. Infeksi kulit kepala (dermatitis kulit kepala)
Mengganti sampo terlalu sering bisa membuat kulit kepala iritasi. Terutama jika sampo tersebut mengandung parfum, pewarna buatan, dan bahan-bahan lain yang bisa membuat kulit iritasi. Gejala iritasi kulit kepala yang perlu Anda ketahui, antara lain kulit kepala gatal, kemerahan, dan terdapat kulit yang mengelupas atau ketombe.

6. Dermatitis seboroik
Dermatitis seboroik merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan kulit kering, mengelupas, dan merah. Gejalanya dapat muncul di seluruh bagian tubuh. Namun, biasanya cukup sering terjadi pada area kulit yang banyak mengandung banyak kelenjar minyak, seperti kulit kepala, wajah, dada, dan punggung.

Namun, tak selamanya bergonta-ganti sampo akan memberikan efek samping. Ada juga beberapa orang yang rambutnya terlihat lebih baik meski sering berganti sampo.

Selain memperhatikan penggunaan sampo, Anda juga perlu mengetahui langkah-langkah keramas yang benar agar rambut semakin terjaga kesehatannya:

1. Pilihlah sampo yang tepat sesuai dengan jenis rambut Anda.
2. Basahi rambut secara merata.
3. Gunakan sampo secukupnya dan tuang ke tangan dulu baru ke seluruh rambut.
4. Bilas rambut hingga benar-benar bersih atau busa sampo menghilang.
5. Gunakan kondisioner pada ujung-ujung rambut.
6. Saat mengeringkan rambut, jangan digosok karena dapat membuat rambut menjadi rusak dan mudah patah.

Di samping perawatan dari luar seperti sampo, jagalah kesehatan rambut dengan perawatan dari dalam. Konsumsilah makanan yang tinggi protein, zat besi, serta asam lemak omega-3.

Dengan begitu, rambut Anda tidak akan mudah gatal, rontok, serta mengalami masalah rambut lainnya yang mengganggu. (*/dbs/klikdokter)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03