29 March 2024 - 17:42 17:42

Sering Lupa Mau Ngomong Apa? Mungkin Ini Penyebabnya

WartaPenaNews, Jakarta – Saat sedang asik mengobrol dan terdistraksi oleh satu hal, mendadak Anda jadi buyar dan tiba-tiba tak ingat ingin berbicara atau bahkan melakukan apa. Ya, hampir kebanyakan orang sudah pernah mengalaminya. Tetapi, tahukah Anda apa yang menyebabkan Anda lupa saat ingin membicarakan suatu?
Pemicu Anda mendadak lupa ingin membicarakan apa

“Duh, tadi ingin ngomong apa ya, lupa lagi….” Celotehan seperti ini pasti tak asing buat Anda. Meskipun dikit memusingkan, insiden ini sebenarnya ialah hal yang normal terjadi.

Satu diantara studi yang dilakukan oleh University of Notre Dame dan dipimpin oleh Profesor Gabriel Radvansky menjelaskan kejadian seringkali lupa ingin membicarakan hal apa. Dia mengatakan jika doorway effect ialah sebabnya.

Disebutkan dengan arti doorway effect karena kejadian lupa saat ingin berbicara condong terjadi saat seseorang masuk atau keluar (berpindah ruangan) melalui pintu. Pintu dilukiskan sebagai “batas acara”, hingga dapat memisahkan di antara aktivitas sebelum dan seterusnya.

Saat melalui batas itu, ingatan akan dikotak-kotakkan—ingatan satu dengan daya ingat yang lain dibatasi. Itu penyebabnya, saat Anda berpindah, baik tempat atau mungkin “pindah” kegiatan, Anda condong kesusahan untuk mengingat apa yang ingin dibicarakan atau mungkin melakukan suatu.

Pada studi ini, Radvansky mengetes mahasiswa dalam jam kuliahnya. Dia memerintah mahasiswanya untuk sembunyikan benda yang mereka punya ke kotak sekalian melalui ruangan berpintu. Selanjutnya, para mahasiswa disuruh untuk kembali pada ruangan awal dan menemukan benda yang sebelumnya disembunyikan.

Hasilnya tunjukkan jika beberapa mahasiswa lupa dimana mereka sembunyikan barangnya. Radvansky mengaitkan jika adanya pintu sebagai “batas acara” dapat menghalangi potensi seseorang untuk mengingat suatu. Lumrah jika hal ini dapat membuat seseorang lupa ingin membicarakan apa.

lupa membuat otak lebih pintar
Dapatkah doorway effect dihindari?

Kejadian ini memang tak bisa dijauhi. Masalahnya ini merupakan dampak lingkungan pada kapasitas otak. Anda pun pasti tidak dapat menghindari melalui pintu supaya tidak melupakan satu hal yang ingin dibicarakan, kan?

Walau demikian, Anda tidak butuh cemas. Kejadian doorway effect ternyata dapat diminimalisasi supaya tak sering-sering lupa ingin ngomong apa. Bagaimana caranya? Lihat beberapa tips-nya berikut ini.
1. Buat catatan

Langkah untuk meminimalkan lupa ingin membicarakan apa yang paling mudah dengan membuat catatan. Contohnya, Anda berencana untuk menceritakan peristiwa penting yang terjadi di kantor pada seorang di rumah. Bikinlah catatan pengingat di ponsel Anda.
2. Meminta tolong orang untuk memperingatkan

Langkah lain supaya lain Anda tak lupa apa yang ingin dibicarakan ialah meminta tolong pada orang untuk memperingatkan. Ini dapat dilakukan jika Anda memang akan bersama dengan orang itu sampai saatnya Anda menceritakan.

Bila Anda merasakan seringkali lupa mengingat suatu, dibarengi gejala yang lain, jangan sungkan untuk kontrol ke dokter. Lebih jika seringkali lupa yang Anda alami dibarengi gejala seperti susah konsentrasi, berpikir, dan memutuskan.

Cepatlah memeriksakan diri jika gejala ini bahkan seringkali Anda alami. Dokter akan menolong Anda menemukan pemicu yang mendasarinya dan menolong Anda pilih penyembuhan yang tepat.  (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03