20 April 2024 - 15:16 15:16

Sikap Oposisi PKS Dinilai Paling Jelas

WartaPenaNews, Jakarta – Hingga saat ini, hanya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang paling jelas bersikap menjadi oposisi pada pemerintahan mendatang. Sementara parpol lainnya, seperti Gerindra, PAN dan Demokrat masih abu-abu.

Jika melihat dari konsistensi pernyataan sejumlah kader PKS, diperkirakan partai itu akan menggunakan pola yang sama untuk kontestasi 2024 mendatang.

“Mungkin yang paling terang dalam bersikap adalah PKS. Kadernya mulai dari Mardani Ali Sera hingga Aboe Bakar Al-Habsyi menegaskan partainya ada di luar pemerintahan. Karena kencangnya menjadi oposisi berbuah kenaikan suara yang signifikan di Pemilu 2019,” kata Peneliti bidang politik The Indonesian Institute Rifqi Rachman di Jakarta, Selasa (23/7).

Sementara itu, untuk tiga parpol lainnya, Gerindra, PAN dan Demokrat, Rifqi menilai ketiganya belum menunjukkan sikap yang jelas. Hal ini karena terbentur oleh resistensi koalisi.

Sinyalemen dari Gerindra untuk masuk dalam barisan pendukung pemerintahan Jokowi semakin kuat. Namun masih tertahan oleh partai pendukung Jokowi-Ma’ruf. “Mungkin belum menemukan kesepakatan di antara kedua pihak,” imbuhnya.

Untuk PAN, ada dua pernyataan berbeda dari dua tokoh sentral partai tersebut. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, tidak memberikan syarat apapun untuk mendukung Jokowi. Sedangkan Amien Rais masih bersikeras membangun syarat tertentu. Sedangkan Demokrat dinilai masih melakukan observasi terhadap situasi yang berkembang.

“Melihat demokrat di fase ini, ketenangan mereka bisa dimaknai sebagai sikap yang masih mengobservasi situasi. Secara umum seluruh parpol bersikap pragmatis. Berdasarkan catatan sejarah, jelas terlihat setiap parpol bergerak fleksibel. Selain tidak kuatnya basis ideologi parpol, kehadiran patron dalam partai membuat pergerakannya menjadi selalu dinamis,” pungkasnya. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03