29 March 2024 - 03:05 3:05

Stroke Juga Bisa Serang Usia Muda, Ini Cara Menghindarinya

WartaPenaNews, Jakarta – Stroke merupakan gejala penyakit yang paling ditakuti hampir setiap orang. Jika pada umumnya, stroke diderita oleh orang-orang lanjut usia tapi tidak menutup kemungkinan para remaja usia muda pun bisa mengalaminya.

Dokter Aloisia Permata Sari mengungkapkan stroke bisa terjadi karena kondisi masalah kesehatan khusus atau kondisi tertentu yang membuat kondisi tubuh memburuk. Stroke terjadi ketika bagian otak tidak mendapatkan nutrisi dan darah yang cukup dari jantung.

Stroke juga dapat terjadi akibat penyumbatan pada bagian pembuluh darah. Kondisi ini bisa menjadi sangat buruk dan membuat penderita stroke kehilangan kemampuan.

“Stroke adalah kondisi kesehatan yang disebabkan oleh gangguan aliran darah pada pembuluh darah otak sehingga mengakibatkan aktivitas listrik otak terganggu dan kematian sel-sel saraf pada suatu area otak tertentu,” ungkap dokter Aloisia dilansir laman Alodokter.

Dilihat dari penyebabnya, menurut dokter Aloisia, stroke dibagi menjadi dua jenis yaitu stroke iskemik dan stroke hemoragik.

“Stroke iskemik adalah stroke yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah otak oleh gumpalan darah, sedangkan stroke hemoragik adalah stroke yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah otak,” paparnya.

Dokter Aloisia menambahkan jika resiko terjadinya stroke akan meningkat pada mereka yang memiliki penyakit diabetes, darah tinggi, penyakit jantung, kadar kolesterol yang tinggi, obesitas, merokok, memiliki riwayat stroke ringan sebelumnya, memiliki riwayat keluarga dengan stroke.

Hal-hal yang perlu dilakukan untuk mencegah stroke di usia muda secara alami diantaranya usahakan untuk selalu menjaga tekanan darah agar tidak terlalu tinggi selalu stabil, melakukan olahraga rutin untuk menjaga kebugaran tubuh, menjaga berat badan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat.

Selain itu, juga harus menghindari semua kebiasaan hidup yang buruk seperti minum alkohol, menggunakan narkoba dan merokok, mengendalikan kadar gula dalam darah jika menderita penyakit diabates, serta lebih banyak meminum air putih minimal dua liter per harinya. (dbs)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03