29 March 2024 - 03:41 3:41

Suara Mendadak Habis dan Hilang? Mungkin 4 Hal Ini Penyebabnya

WartaPenaNews, Jakrata – Sudah pernahkah saat Anda buka mulut untuk keluarkan suara yang ada hanya bisikan dan bibir yang bergerak saja? Anda mungkin bingung apa yang jadi pemicu suara Anda mendadak hilang demikian saja. Agar mendapatkan perlakuan yang tepat, ketahui dulu apa yang jadi dalang dibalik hilangnya suara Anda.
Beberapa pemicu suara hilang

Suara yang mendadak hilang atau cuma bisa keluarkan bisikan perlahan merupakan keadaan yang cukup umum terjadi. Keadaan ini dikarenakan oleh masalah pada getaran pita suara Anda, seperti adanya peradangan dan pembengkakan.

Hal itu menyebabkan satu atau kedua pita suara Anda melemah sampai tidak bisa digunakan benar-benar, hingga membuat suara Anda hilang. Sebetulnya, banyak yang bisa menyebabkan terjadinya keadaan ini, salah satunya:

1. Pilek

Seperti yang diambil dari Cleveland Clinic, pilek salah satu pemicu umum kenapa suara Anda dapat hilang.

Pada saat berbicara, udara yang masuk melalui kotak suara di tenggorokan akan sentuh pita suara hingga bergetar dan memunculkan bersuara. Bila Anda terkena pilek, pita suara terkadang akan mengalami peradangan.

Keadaan itu membuat pita suara Anda membengkak dan merubah getaran kedua pita itu. Mengakibatkan, suara Anda serak bahkan tidak ada benar-benar.

2. Menggunakan suara secara berlebihan

Menggunakan suara Anda sampai melebihi batas juga bisa mmenjadi pemicu suara Anda hilang. Bila Anda menggunakan potensi pita suara secara berlebihan, seperti berteriak untuk mendukung team kesayangan Anda yang berlaga, kedua pita suara itu akhirnya kecapekan dan terluka.

Karena itu itu, usahakan untuk menghindari beberapa hal berikut ini untuk memperhatikan kesehatan pita suara Anda.

Berbicara, menyanyi, atau batuk terlalu seringkali dan terlalu kencang
Terus-terusan bicara setelah menyanyi atau teriak-teriak

3. Merokok

Merokok ialah kebiasaan yang berefek jelek buat badan, termasuk kesehatan pita suara Anda untuk periode waktu yang lama.

Jika Anda seorang perokok, hati-hatilah karena asap rokok yang Anda hirup akan masuk ke tenggorokan dan bisa mengiritasi pita suara. Diluar itu, pita suara Anda pun beresiko ditumbuhi oleh tonjolan bertangkai kecil non-kanker, yakni polip.

Polip yang tumbuh di pita suara Anda itu yang bisa jadi satu diantara pemicu suara Anda hilang secara setahap.

4. Penyakit GERD

Penyakit GERD ialah sebuah keadaan saat asam lambung Anda kembali naik ke kerongkongan. Tidak hanya memunculkan rasa terbakar pada dada Anda, GERD dapat hilangkan suara Anda saat akan berbicara.

Keadaan ini dikarenakan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan ternyata bisa mengiritasi pangkal tenggorokan Anda (laring). Bila laring Anda terkena iritasi, pita suara Anda akan mengalami pembengkakan yang menyebabkan suara serak sampai hilang.

5. Laringitis

radang laringi laringitis akut

Laringitis ialah sebuah keadaan saat pita suara Anda meradang. Tidak hanya bahan kimia yang bisa mengiritasi tenggorokan dan pita suara, laringitis dapat terjadi bila ada infeksi, seperti infeksi jamur pada pita suara Anda.

Ini dapat terjadi jika Anda menggunakan inhaler (kortikosteroid) untuk menangani asma atau memang ada masalah pada skema imun Anda. Mengakibatkan, badan susah untuk menantang serangan infeksi jamur yang membuat pita suara Anda rusak dan membengkak.

Pemicu suara hilang biasanya tergantung dengan kebiasaan hidup Anda. Dari mulai merokok, mengonsumsi makanan yang membuat asam lambung naik, sampai menggunakan suara yang berlebihan.

Untuk mengawasinya tetap baik, usahakanlah untuk tidak berteriak-teriak secara berlebihan. Bila Anda sudah melakukannya dan suara Anda tak segera kembali selama 2 minggu, segera tanyakan dengan dokter Anda. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03