29 March 2024 - 12:37 12:37

Sukses Terapkan Kesetaraan Gender, Kemendagri Raih Anugrah Parahita Ekapraya

WartaPenaNews, Jakarta – Berlangsung di Kantor Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), Menteri Dalam Negeri menerima Anugrah Parahita Ekapraya Kategori Utama. Menurut Bapak Wapres RI M. Jusuf Kalla, Kemendagri dianggap telah berhasil dalam melaksanakan program pemberdayaan perempuan dan perlindungan perempuan secara berkesinambungan.

“Kemendagri telah melakukan berbagai langkah antara lain pengintegrasian isu gender ke dalam kebijakan, program dan kegiatan pembangunan,” kata Jusuf Kalla di Jakarta, Rabu (19/12/2018)

Anugrah Parahita Ekapraya adalah penghargaan sekaligus bentuk apresiasi dari Pemerintah atas komitmen Kementerian, Lembaga Pemerintah non Kementerian dan Pemerintah Daerah yang telah memberikan kontribusi dalam mewujudkan kesetaraan gender melalui Pengarus-Utamaan Gender (PUG).

Sistem penilaian sampai mendapatkan penghargaannya pun dilakukan secara independen dengan menggunakan 7 prasyarat PUG sesuai Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender Dalam pembangunan Nasional.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berkomitmen untuk terus meningkatkan partisipasi perempuan dalam proses pengambilan kebijakan. “Kita harus mendukung keterlibatan perempuan dalam proses pengambilan kebijakan. Peranan perempuan saat ini telah berubah seiring dengan perkembangan pendidikan dan teknologi,” jelas Tjahjo.

Komitmen Kemendagri tersebut didorong oleh semangat Pemerintahan Bapak Jokowi dan Jusuf Kalla untuk memperbanyak jumlah perempuan yang berkiprah di kancah nasional, seperti halnya Menteri. Kemendagri pun mengajak daerah untuk ikut mendukung program tersebut sesuai saran dari Bapak Wapres sebelumnya

“Kepala seluruh Kepala Daerah saya ingatkan, bahwa Bapak Wapres RI telah berpesan untuk mengatur dengan baik peranan perempuan. Mari kita dukung bersama langkah baik tersebut”, tutup Tjahjo. (sol/robi)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 08:35
Polisi Bakal Periksa Bos yang Izinkan Sopir Truk di Bawah Umur hingga Celaka di Halim

WARTAPENANEWS.COM - Polda Metro Jaya mengaku akan mendalami sosok bos yang memperkerjakan MI (17), sopir truk yang terlibat dalam kecelakaan beruntun di gerbang Tol Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Kabid Humas

01
|
29 March 2024 - 08:13
Lurah di DIY Ingin Lurah 2 Periode Bisa Maju Lagi

WARTAPENANEWS.COM - Paguyuban Lurah dan Pamong Kalurahan se-Daerah Istimewa Yogyakarta, Nayantaka, menyambut baik pengesahan Revisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, di mana ada perubahan masa jabatan lurah dari

02
|
29 March 2024 - 07:29
Diduga Kasus Pelecehan Seksual, Mantan Ketua DPD PSI Jakbar Dipolisikan

WARTAPENANEWS.COM - Mantan Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta Barat (Jakbar) ANL dipolisikan atas dugaan pelecehan seksual, oleh seorang wanita berinisial W (29). Laporan dilakukan di Polda Metro Jaya

03