Surya Paloh; Ngakunya Partai Pancasialis, Tapi Ngajak Berkelahi Satu Sama Lain

Fotoz;; SindoNews

Jakarta, WartaPenaNews.com – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan, bangsa ini sudah capek dengan segala intrik yang mengundang sinisme satu sama lain, atau kecurigaan satu sama lain.

Peryataan ini menyusul ramainya perbincangan rangkulan dirinya dengan Ketua Umum PKS Sohibul Iman saat acara silaturahmi politik, beberapa waktu lalu.

“Bangsa ini sudah capek dengan segala intrik yang mengundang sinisme satu sama lain, kecurigaan satu sama lain hingga kita berkujung ke kawan dimaknai dengan berbagai macam tafsir dan kecurigaan,” kata Surya Paloh saat memberikan sambutannya pada Pembukaan Kongres II Partai NasDem di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (8/11/2019) malam.

Sementara, kata dia, Indonesia menganut sebuah sistem nilai-nilai demokrasi yang begitu liberal. “Tapi dalam prakteknya kita begitu ortodok konservatif. Ada paradoksal di situ,” ujarnya.

“Ada paradoks di situ. Kita bilang kita mau maju, tapi kita melangkah ke belakang. Mari kita bermusyawarah dan bergotong-royong, tapi kita hanya bilang akulah yang lebih penting yang lainnya biar mati semua,” tambah Surya.

Dia menambahkan, jika semua penuh dengan kecurigaan, maka Indonesia semakin menjauhi nilai-nilai yang namanya Pancasila. “Pancasila sebagai pegangan kita,” tuturnya.

“Itu ngakunya partai nasionalis, partai yang pancasilais, ya buktikan saja. Rakyat membutuhkan pembuktian partai mana yang paling menanamkan nilai-nilai Pancasila. Kalau partai yang mengajak berkelahi satu sama yang lainnya, ah yang pasti itu bukan Pancasilais itu,” ujar Surya.

Di hadapan 8.000 kader, Surya mengingatkan bila Partai NasDem mau dikenal sebagai partai yang pancasilais. (rob)

ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here