28 March 2024 - 22:42 22:42

Tak Hanya untuk Bumbu Dapur, Ini Khasiat Lain Daun Salam

WartaPenaNews, Jakarta – Daun salam ternyata tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu dapur penyedap masakan. Sejak dulu, daun salam juga dipercaya untuk mengobati berbagai penyakit.

Kandungan vitamin A dan C bersama dengan asam folat serta berbagai mineral membuat daun salam kaya nutrisi. Dilansir dari NDTV, berikut khasiat daun salam untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan fungsi pencernaan
Daun salam memiliki efek kuat pada sistem pencernaan. Sehingga membantu mengurangi toksisitas tubuh dan membuatnya berfungsi dengan baik. Senyawa organik yang ditemukan dalam daun salam efektif untuk mengatasi sakit perut dan menenangkan sindrom iritasi usus besar (IBS). Enzim unik hadir dalam daun ini menyehatkan pencernaan.

2. Ramah jantung
Senyawa organik termasuk asam caffeic yang ditemukan di daun salam meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan itu memperkuat dinding kapiler di jantung dan selanjutnya menghilangkan LDL atau kolesterol jahat dari sistem kardiovaskular.

3. Baik bagi penyandang diabetes
Menurut Journal of Clinical Biokimia dan Nutrisi, 1-3 gram daun salam per hari selama 30 hari bisa membuat penurunan glukosa darah, kolesterol, dan trigliserida. Daun salam bertanggung jawab untuk meningkatkan fungsi insulin, yang merupakan keuntungan bagi penderita diabetes.

4. Atasi stres
Untuk mengelola stres dengan lebih baik, tambahkan daun salam ke dalam menu harian. Kehadiran linalool dapat menurunkan tingkat hormon stres dalam tubuh. Daun ini menenangkan diri dan memerangi gejala depresi.

5. Melindungi Tubuh Dari Peradangan
Salah satu manfaat terpenting daun salam adalah memiliki sifat antiinflamasi. Berkat kehadiran phyto-nutrisi unik yang disebut parthenolide dapat mengurangi peradangan secara signifikan. Salah satunya radang sendi.

6. Penyembuh Luka Alami
Menurut BMC Complementary dan Pengobatan Alternatif, daun salam memiliki sifat antimikroba yang menyembuhkan luka. Luka ringan bisa disembuhkan dengan daun salam. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03