20 April 2024 - 22:38 22:38

Tarif Listrik Tak Jadi Naik di Tahun Depan?

WartaPenaNews, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan memperkirakan jika kurs rupiah terus menguat dan harga minyak tidak menurun, maka tarif dasar listrik (TDL) tahun depan tidak jadi naik. Bahkan, kemungkinan bisa turun.

Mantan direktur utama Kereta Api Indonesia (KAI) itu menyebutkan listrik tidak naik di tahun ini karena ada dua indikator yakni kurs rupiah yang menguat atas dolar dibanding asumsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Rencana Kerja dan Anggaran Perushaan (RKAP) PLN yang mencapai Rp15 ribu per dolar Amerika Serikat (AS).

Begitupun listrik tahun depan tidak naik jika kurs, harga minyak, dan harga batu bara tidak terus bertahan di posisi aman. Jonan melihat kurs rupiah cenderung terus menguat dan di bawah Rp15.000 per dolar AS.

Sementara harga minyak masih bertengger di 61 dolar AS per barel, kemungkinan tahun depan masih di kisaran yang sama,

Sedangkan harga acuan batu bara sudah di angka 71 dolar AS per ton, angka ini nyaris sama dengan harga patokan batu bara kelistrikan 70 dolar AS per ton.

Tak hanya itu, juga harga gas ditetapkan 8 persen atau maksimum 14,5 persen di pembangkit listrik. Ditambah lagi adanya efisieni seperti susut jaringan dan operasional keuangan yang menyusutkan biaya produksi.

“Padangan saya tarif listrik di tahun depan mudah-mudahan akan tetap sama bahkan sejalan dengan target PLN bahwa tarif listrik dapat turun khususnya untuk pelanggan industri dan bisnis,” ujar Jonan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/7).

Saat ini, kata Jonan, pemerintah dan DPR masih menggodok rencana perubahan tarif listrik tahun depan. “Hingga saat ini komisi-komisi terkait serta di Banggar, belum menetapkan rencana perubahan tarif listrik di 2020,” kata Jonan. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03