28 March 2024 - 23:11 23:11

Tekstil Ecoprint, Totalitas Seni Perempuan Desa

WartaPenaNews, Jakarta – Kaum perempuan di Desa Merden dan Desa Mertasari, Banjar Negara, Jawa – Tengah kini telah berdaya seiring dengan ketrampilan memproduksi tekstil bermotif hias beragam jenis daun.

Entrepreneurship Masyarakat Marginal

Pembuatan tekstil ecoprint merupakan rintisan dari model pemberdayaan ekonomi kaum perempuan, kolaborasi Wardah Cosmetic dan Lazismu. Program yang dibiayai penuh oleh Wardah Cosmetic ini menyalurkan dana sebesar 237 juta, yang digunakan untuk pembiayaan pelatihan, modal kerja dan operasional usaha untuk 3 bulan.

Pelaksana program merupakan kelompok usaha ecoprint, bekerjasama dengan Lazismu Kabupaten Banjar Negara.

Produksi kain ecoprint yang melibatkan 90 orang dari dua desa telah menghasilkan ratusan tekstil untuk baju, hijab dan pashmina.

Natural Selaras Alam

Pupung Pursita sebagai pelatih ahli kain ecoprint, merasa kagum dengan ketekunan para perempuan desa, dalam proses pembuatan. Tahapan-tahapan tersebut dilakukan dengan totalitas, salah satunya dengan mengumpulkan beragam jenis daun, serta mendisplay di atas kain polos hingga terlihat menarik.
Ragam daun dan warna yang digunakan akan memberikan nilai tambah dari motif khas pada masing-masing kain. Hingga produk tekstil ecoprint menjadi produk seni dari totalitas perempuan desa.

Ragam motif daun dengan warna alam.Foto : Joko Intarto

Hasil produksi tekstil ecoprint terlihat natural dari beragam warna dan motif dedaunan yang terlihat menggoda. Menjadi pilihan utama, jika Anda peduli akan pemberdayaan kaum perempuan pedesaan dan gaya hidup hijau selaras alam. Sangat istimewa diaplikasikan pada ragam penggunaan seperti kain, sarung, hijab, kemeja, serta beragam produk fesyen lainnya.

Setelah berhasil memproduksi kain ecoprint, Wardah Cosmetic dan Lazismu akan menyelenggarakan pelatihan tahap dua, berupa pemasaran dan pengelolaan usaha. Dalam pelatihan ini, Lazismu akan menggandeng badan usaha milik Lazismu dan Baitul Tamwil Muhammadiyah. (bud)
Narasumber: Joko Intarto

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03